Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Lagi 1 Pasien Positif Covid 19 di Maluku Sembuh, Tersisa 11 dalam Perawatan

Foto: satumalukuID/Ian Toisutta Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang.

satumalukuID- Setelah menjalani perawatan medis, satu siswa calon perwira (Capa) polisi asal Polda Maluku, akhirnya dinyatakan sembuh dari Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Dia adalah pasien kasus 12. Sedangkan yang masih dirawat saat ini sebanyak 11 orang.

Data terbaru kasus Covid-19 di Maluku hingga hari ini Selasa (28/4/2020) kembali mengalami peningkatan menjadi 11 kasus. Bertambah 1 dari Kabupaten Buru. Ini setelah hasil swab Polymerase Chain Reaction (PCR) menyatakan pasien asal Buru ini positif.

Dengan demikian kasus terkonfirmasi positif sejak pasien kasus 01 hingga hari ini, ada 23 orang. Dari jumlah tersebut, 12 orang dinyatakan sembuh dan sudah diperbolehkan pulang, termasuk satu Capa Polri asal Polda Maluku itu. Jadi tertinggal 11 orang dalam perawatan.

Terkait tambahan pasien asal Kabupaten Buru, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang mengaku, hasil swab pasien kasus 23 asal Kabupaten Buru ini positif. Sedangkan 8 orang  lainnya yang juga berasal dari Buru, dinyatakan negatif.

"Kan kemarin hasil rapid test itu 9, yang satu ini yang positif (hasil PCR). Warga di Buru sana," jelasnya.

Pasien kasus 23 itu, lanjut Kasrul, kini dirawat di Namlea, Ibukota Kabupaten Buru. Dia akan dievakuasi ke Kota Ambon tergantung rujukan tim medis di sana.

"Tergantung dari tim medis. Kalau misalnya masih bisa di sana ya di sana. Kan kalau di sini ditaruh di diklat (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Maluku), lebih baik di sana," kata dia.

Menurutn Kasrul, pasien Covid yang tidak bergejala atau gejala ringan, bisa dirawat di kabupaten.

"Karena di sini (Ambon) yang bergejala ringan juga kita tempatkan di diklat, tidak di rumah sakit," sebutnya.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Namlea, Nani Rahim, mengatakan, pasien positif baru dari Buru ini berinisial FN (23).

FN, kata Nani merupakan hasil tracking dari pasien kasus 17. Pasien kasus 17 merupakan mahasiswa asal Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang telah terlebih dahulu dinyatakan positif corona. Dia saat ini dirawat di Kota Ambon.

"(Pasien 23) saat ini dikarantina di Penginapan Senyum Bupolo, Namlea," kata Nani saat dikonfirmasi wartawan via selulernya, tadi malam.

FN, lanjut Nani, masih dirawat di Namlea, karena dikatergorikan sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG).

Selain itu, hingga pukul 12.00 WIT hari ini, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tercatat sebanyak 23 orang. Terdiri dari 10 Kota Ambon, 9 Kabupaten Maluku Tengah, 1 Seram Bagian Barat (SBB), 1 Seram Bagian Timur, dan 2 Maluku Tenggara.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) tercatat sebanyak 69 orang. 38 Kota Ambon, 17 Kabupaten Buru, 1 SBB, 4 Kepulauan Aru dan 9 Kepulauan Tanimbar.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!