Sekilas Info

Arus Pasokan Berkurang; Ikan Cakalang, Tatihu, dan Bubara, Mulai Langka di Pasar Arumbae Ambon

Foto: ant/John Soplanit Lapak ikan segar di pasar Arumbai, Mardika, Kota Ambon, Maluku.

satumalukuID - Ikan segar jenis cakalang, tuna, tatihu, maupun jenis ikan karang lainnya seperti bubara, kerapu dan ikan baronang kini mulai menghilang di pasar Ambon.

Hasil pantauan di lokasi pasar ikan Arumbai, kawasan pasar Mardika, Kota Ambon memasuki hari ke empat, di mana umat Islam melaksanakan ibadah puasa, harga ikan cakalang segar dan beberapa jenis lainnya cukup mahal, bahkan sulit ditemukan.

"Ikan segar sekarang ini sudah sulit di pasar Ambon, sebab arus pemasokan dari desa-desa nelayan yang ada di Pulau Ambon sudah mulai berkurang mengakibatkan harga bergerak naik.Silahkan lihat-lihat dulu sebelum membeli, sebab ikan yang ditawarkan ini kebanyakan ikan beku, (ikan yang sudah diberi es)," kata seorang penadah di lokasi pasar Arumbai, Rustam.

Dia mengatakan, ikan cakalang, tatihu dan tuna yang ditawarkan rata-rata sudah diberi es, jadi tidak segar lagi, kalau harga ikan cakalang dipatok bervariasi mulai dari Rp45.000 hingga Rp120.000/ekor tergasntung ukuran ikan.

"Sebaiknya ibu lihat-lihat dulu mungkin ketemu istri nelayan yang menjual ikan cakalang segar sebab biasanya mereka yang menjual langsung hasil tangkapan suami mereka," ujarnya kepada seorang pembeli yang sedang melihat-lihat dagangannya..

Di lapak Rustam, ada juga ikan segar lainnya jenis ikan sembung seperti momar, kawalinya, kerapu, baronang dengan harga berkisar antara Rp10.000 hingga Rp20.000/tumpuk (lima hingga tujuh ekor).

Sementara itu, harga telur ayam ras hingga kini masih tetap bertahan yakni Rp1.700 hingga Rp1.800/butir, telur ayam kampung Rp2.000 hingga Rp2.500/butir, daging ayam beku Rp36.000/Kg, daging ayam kampung berkisar antara Rp80.000 hingga Rp130.000/ekor tergantung ukuran, dan daging sapi segar Rp100.000/Kg.

Penulis: Jimmy Ayal/ant
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!