Sekilas Info

Piterson Rangkorat Usai Jadi Sekda Dilantik sebagai Staf Ahli Bupati Kabupaten Tanimbar

Piterson Rangkoratat

satumalukuID - Piterson Rangkoratat, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang telah bertugas semenjak dilantik oleh Bupati MTB Bitsael Temmar pada 19 Desember 2016, mengakhiri masa jabatannya itu dan dilantik oleh Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan SDM.

Kepala BKPSDM Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Yohanis Batseran, dikonfirmasi, Minggu (25/4/2020), menjelaskan, penggantian dan pelantikan Rangkoratat telah dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, seperti Undang-undang nomor 30 tahun 2014 tentang Administrasi Daerah, dan Perpres nomor 3 tahun 2018.

Sesuai ketentuan, jabatan Sekretaris Daerah dievaluasi sekali dalam dua tahun. Evaluasi itu dilakukan dengan cara mengikuti uji kompetensi. Hasil uji kompetensi itulah yang direkomendasikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Menurutnya, Piterson telah mengikuti  pelaksanaan seleksi Uji Kompetensi Ulang PPT Pratama Sekretaris Daerah di Ambon bulan Februari 2020, termasuk mengikuti seleksi lelang jabatan eselon II di lingkungan Pemprov Maluku  pada tanggal 7 hingga 28 Februari 2020.

"Berdasarkan hasil uji kompetensi, KASN merekomendasikan kepada Bupati agar Pieterson Rangkoratat mendapatkan demosi atau turun jabatan menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Pembangun dan SDM," katanya.

Dalam surat rekomendasi nomor : B-1142/KASN/04/2020 tanggal 8 April 2020 tersebut, KASN merekomendasikan kepada bupati untuk meningkatkan kinerja pejabat tersebut, KASN meminta Bupati agar melakukan pembinaan melalui adanya kontrak kinerja agar target kerjanya terukur,  peningkatan kompetensi, dan melakukan evaluasi kinerja selama satu tahun dalam jabatannya.

"Ada promosi dan juga ada demosi. Meskipun seseorang punya eselon II A, tapi hasil uji kompetensi tidak memenuhi syarat maka bisa mendapatkan demosi atau turun pangkat. Hal ini juga berlaku di TNI-Polri," kata Batseran.

Sesuai data yang diperoleh, Piterson Rangkoratat memiliki pengalaman dalam pemerintahan di kabupaten berjuluk Duan-Lolat ini. Sejumlah jabatan yang telah dia tempati sebelum dilantik menjadi Sekretaris Daerah yakni Kepala Bagian Hukum, dua kali ditugaskan menjadi Inspektur Daerah, Plt. Sekretaris DPRD, Plt. Kepala Bappeda, Direktur Utama BUMD Kalwedo Kidabela, serta Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah.

Pelaksana Tugas Sekda

Sebagai pengganti Piterson, Bupati Fatlolon mengangkat dan melantik Ruben Benharvioto Moriolkosu sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris daerah kabupaten Kepulauan Tanimbar berdasarkan Surat Perintah Bupati Kepulauan Tanimbar nomor: 835/44/Sprin/2020.

Selain ditugaskan sebagai Plt. Sekda, Ruben tetap menjalankan tugasnya sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Tugas Plt. Sekda adalah memastikan tugas-tugas pemerintahan berjalan dengan lancar untuk membantu administrasi Bupati dan Wakil bupati. Selain itu, mempersiapkan seleksi Sekretaris Daerah dan mempersiapkan pelantikan Sekretaris Daerah secara defenitif.

"Bahwa Plt itu adalah kewenangan Bupati. Sementara penjabat itu yang harus mendapatkan rekomendasi dari Gubernur.
Plt. Sekda itu melaksanakan tugas-tugas harian Sekretaris daerah sambil menunggu usulan rekomendasi ke Gubernur untuk adanya SK Gubernur Maluku terkait penunjukan Penjabat Sekda," kata Batseran.

Ia menambahkan, Bupati telah mengusulkan 3 orang ASN yang telah memenuhi kriteria kepada Gubernur untuk menentukan salah satu orang yang akan di lantik sebagai penjabat Sekda. Penjabat Sekda yang akan dilantik dalam beberapa waktu mendatang, akan mempersiapkan proses seleksi hingga ada Sekda definitif.

Baca Juga

error: Content is protected !!