Sekilas Info

Pemuda Negeri Kailolo Mengecam Aksi Republik Maluku Selatan di Maluku

satumalukuID- Aksi pengibaran bendera Republik Maluku Selatan (RMS) pada tanggal 25 April 2020, oleh sejumlah aktivis dan simpatisannya, dikecam para pemuda Negeri Kailolo, di Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.

Kepala Pemuda Negeri Kailolo Abdul Kadir Marasabessy, meminta Pangdam XVI/Pattimura dan Kapolda Maluku untuk mengusut tuntas peristiwa tersebut, dan siapa pun yang terlibat harus diadili sesuai hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

" Kami pemuda Sahapory (Kailolo) meminta dengan tegas Pangdam XVI/Pattimura, Kapolda Maluku untuk menindak tegas oknum di balik pengibaran bendera RMS di Aboru dan Kota Ambon," desak Abdul, dalam rilisnya yang diterima redaksi satumalukuID, Minggu 26 April 2020.

Abdul mengatakan, sejak era 1950an, gerakan RMS tidak mencerminkan semangat persaudaraan dan persatuan masyarakat Maluku.

"Kegiatan yang selama ini mereka (RMS) lakukan, hanya mewakili kepentingan oknum tertentu, dan tidak mewakili keinginan masyarakat Maluku pada umumnya," tandasnya.

Dia mengingatkan sejarah kelam yaitu peristiwa tahun 1950-an, ketika sekelompok RMS yang membakar Negeri Kailolo dan beberapa negeri lainnya.

"Karena itu, kami pemuda Negeri Kailolo menolak gerakan apa pun yang berkaitan dengan RMS, yang berusaha mengintervensi generasi muda Maluku," kecamnya.

Abdul juga mengingatkan, bahwa para pemuda Kailolo tidak akan segan mengambil tindakan tegas, jika ada gerakan-gerakan separatis RMS dalam jangkauan para pemuda Kailolo.

Lebih lanjut, dia selaku Kepala Pemuda Negeri Kailolo menghimbau kepada pemuda Negeri Kailolo dan masyarakat Negeri Kailolo, agar tetap menjaga semangat NKRI yang merupakan wujud dari perjuangan para sesepuh negeri ini, yang berjuang dengan gigih demi mempersatukan NKRI.

"Termasuk menjaga nama baik para alim ulama kami yang setia membela Negera Kesatuan Republik Indonesia," pungkasnya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!