Sekilas Info

Konsumen Listrik Gratis yang Disusun PLN di Maluku Didasarkan Data Dinas Sosial

Kantor wilayah PLN Maluku dan Maluku Utara

satumalukuID - Data jumlah konsumen listrik berdaya 450 VA yang digratiskan dan pembayaran 50 persen untuk konsumen 900 VA yang tergolong kurang mampu di Maluku mencapai 144.227 pelanggan bukan disusun oleh pihak PT. (Persero) PLN.

"Kami telah mengundang manajemen PLN wilayah Maluku-Maluku Utara untuk menjelaskan tekhnik pembayaran bagi pelanggan berdaya 450 WA dan 900 VA," kata ketua komisi II DPRD Maluku, Saudah Tuanakotta Tethol di Ambon, Jumat (24/4/2020).

Menurut dia, kalau untuk pelanggan 900 VA itu ada kodenya bagi mereka yang mempunyai kemampuan tidak disubsidi oleh pemerintah, sedangkan yang tidak mampu mendapatkan keringanan pembayaran 50 sebesar persen.

"Kode itu didapatkan PLN atas kerja sama dengan Dinas Sosial, di mana data awalnya diambil dari para kepala desa, kepala dusun, atau pun dari pihak kelurahan," akui Saodah.

Sehingga data yang sudah dikantongi pihak PLN ini merupakan data valid dan bisa dipertanggungjawabkan karena bukan pihak PLN yang membuat data tersebut.

Jadi mekanisme program penyaluran token gratis stimulus COVID-19 telah dilaksanakan oleh pihak PLN sejak tanggal 11 April 2020, dengan ketentuan bahwa program ini berlaku untuk konsumen 450 VA dan 900 VA khusus subsidi.

Pemberlakuan program ini adalah diatur untuk pascabayar dimana konsumen daya 450 VA rekening gratis biaya pemakaian dan biaya beban untuk rekening bulan April hingga Juni 2020.

Konsumen daya 900 VA rekening listrik dibayar 50 persen khusus subsidi biaya pemakaian dan biaya beban untuk rekening bulan April hingga Juni 2020.

Selanjutnya untuk prabayar adalah konsumen daya 450 VA setiap bulannya diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian tiga bulan terakhir diberikan untuk bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Konsumen daya 900 VA setiap bulannya diberikan token gratis sebesar 50 persen bulanan tertinggi dari pemakaian tiga bulan terakhir, diberikan untuk bulan Mei hingga Juni tahun ini.

"Bagi konsumen pascabayar, program ini langsung dapat diterapkan pada tagihan rekening bulan April hingga Juni, sedangkan bagi konsumen prabayar program ini diperoleh dengan mendapatkan token yang kemudian diinputkan ke KWh meter masyarakat.

Untuk mendapatkan token gratis program stimulus COVID-19, masyarakat dapat mengakses lewat website PLN www.pln.co.id, namun terdapat kendala bahwa tidak semua masyarakat di Maluku dapat mengaksesnya.

Maka ditekankan kepada pihak PLN lewat pihak ketiga untuk dapat mengoptimalkan sosialisasi dan pelayanan program ini kepada masyarakat dengan memberdayakan perangkat daerah pada tingkat kecamatan sampai desa dan dusun.

PLN juga mengaku sudah menerapkan program tersebut yang diperintahkan Presiden RI dan telah melakukan sosialisasi mulai dari tingkat kelurahan, desa, kecamatan, sampai di tingkat dusun.

Sosialisasi yang dimaksudkan adalah menggratiskan pelanggan PLN yang menggunakan daya 450 VA dan pembayaran 50 persen untuk 900 VA sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Penulis: Daniel Leonard
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!