Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Pemkot Ambon Siapkan Delapan Sekolah di Lima Kecamatan sebagai Tempat Karantina

satumalukuID/Tiara Salampessy Balai Kota Ambon

satumalukuID - Pemerintah Kota Ambon menyiapkan delapan sekolah di lima kecamatan sebagai tempat karantina sementara bagi pelaku perjalanan, kata Wakil Wali Kota Ambon Syarif Hadler.

"Delapan sekolah siap untuk menampung pelaku perjalanan. Saat ini dalam proses persiapan fasilitas pendukung seperti tempat tidur dan WC," katanya di Ambon, Kamis (23/4/2020).

Ia menambahkan, tempat karantina sementara yang disiapkan oleh pemerintah lokasinya tidak dekat dengan pemukiman warga.

Setelah penyiapan fasilitas tempat karantina selesai, ia menjelaskan, pelaku perjalanan yang tiba di Ambon bisa menggunakannya untuk mengisolasi diri selama 14 hari sebelum ke kediaman keluarga.

Menurut dia, satu dari delapan sekolah itu sudah bisa digunakan untuk tempat karantina sementara.

"Sesuai rencana hari ini mulai difungsikan sebagai lokasi karantina sementara," katanya.

"Kita telah memiliki data siapa saja pelaku perjalananya yang akan dikarantina di lokasi yang telah ditetapkan," ia menambahkan.

Ia mengatakan, pemerintah menyiapkan fasilitas karantina karena sebagian pelaku perjalanan tidak taat melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing.

"Laporan yang kami terima, sejauh ini masih banyak pelaku perjalanan yang tidak disiplin, mereka melakukan aktivitas di luar rumah dan menimbulkan keresahan masyarakat," katanya.

Menurut Syarif, aparat pemerintah bersama personel TNI dan Polri telah melakukan sosialisasi ke masyarakat mengenai perlunya pelaku perjalanan melakukan karantina mandiri guna mencegah penularan virus corona.

Baca Juga

error: Content is protected !!