Sekilas Info

RUU Daerah Kepulauan Dibahas Ulang, Wakil Ketua DPD RI: Mudah-Mudahan Doa Masyarakat Tahun Ini Selesai

Foto: satumalukuID/Istimewa Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Nono Sampono

satumalukuID - Baru pernah terjadi, pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) diulangi oleh Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Pengulangan tersebut terjadi pada RUU Daerah Kepulauan.

Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono, mengatakan, proses pengulangan pembahasan RUU Daerah Kepulauan terjadi karena dua dari enam kementerian yang ditunjuk Presiden, tidak menyerahkan dokumen.

"Akibatnya proses registrasi berhenti karena pemerintah tidak lengkap memberikan. Nah sekarang ini kita desak terus. Atas perjuangan DPD semua kita ulangi lagi. Ini baru pernah terjadi pengulangan terhadap sebuah RUU dan menjadi langsung prioritas," kata Nono kepada wartawan di Kota Ambon, Rabu (22/4/2020).

Meski terjadi pengulangan setelah sempat dibahas pada periode 2014-2019 lalu, tapi Senator asal Maluku ini mengaku pembahasannya tidak akan lama. RUU Kepulauan tersebut masuk prolegnas prioritas.

"Sekarang ini sudah masuk di prolegnas dan sudah diserahkan oleh pimpinan DPD kepada DPR yaitu RUU Daerah Kepulauan. yang dulunya sudah kita proses sampai di ujung, karena dua kementerian dari enam kementerian yang ditunjuk presiden tidak menyerahkan (dokumen)," jelasnya.

Jenderal Bintang Tiga Purnawirawan TNI AL, Marinir ini berharap tahun 2020 sudah bisa disahkan sebagai Undang-Undang Daerah Kepulauan.

"Mudah-mudahan doa dari masyarakat 8 provinsi kepulauan bisa kita selesaikan. Kita sudah bicara dengan Presiden, semuanya jadi prioritas dan targetnya tahun ini," ujarnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!