Sekilas Info

Rukyatul Hilal 1 Ramadan Tidak Terlihat dari Kawasan Karang Panjang Ambon

Foto: satumalukuID/Ian Toisutta Kasi Data dan Informasi Andi Azhar Rusdin (kanan) sedang menjelaskan pemantauan hilal awal Ramadan 1441 H kepada Plt Kakanwil Agama Maluku Jamaludin Bugis.

satumalukuID- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku menggelar rukyatul hilal penentuan 1 Ramadan 1441 Hijriah/2020 Masehi, Kamis (23/4/2020) pukul 18.25 WIT. Hasilnya, hilal penentuan awal bulan puasa itu tidak terlihat karena tertutup awan tebal.

"Kami melaporkan bahwa hasil pemantauan rukya hilal awal bulan Ramadan 1441 Hijriyah/2020 Masehi ternyata tidak terlihat dengan alasan bahwa awan tebal," ungkap Pelaksana Tugas Kakanwil Agama Maluku Jamaludin Bugis kepada wartawan.

Menurutnya, dari hasil pantauan menggunakan teleskop milik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ambon, dengan tinggi hilal adalah 3 derajat, 3 menit dan 57 detik.

"Hasil rukya hilal dari seluruh provinsi akan menjadi data dalam sidang hisab dan rukyah yang dilaksanakan oleh kementerian agama RI bersama ormas Islam di Jakarta hari ini," tambahnya.

Bugis mengaku, Insha Allah dalam rapat isbath malam ini akan menentukan pelaksanaan 1 Ramadan nanti.

"Nanti hasilnya akan menjadi rujukan pelaksanaan 1 Ramadan 1441 hijriah," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!