Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Uji Covid-19 di Maluku Cuma Mampu Layani Dua Hari Saja, Stok Ekstraksi dan Reagen untuk Tes PCR Menipis

Ilustrasi tes PCR

satumalukuID - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Provinsi Maluku, mengabarkan jika stok ekstraksi dan reagen atau reaktan untuk melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) sudah menipis. Hanya tersisa 20 buah, atau bertahan selama dua hari test saja.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku, Kasrul Selang mengaku, apabila dalam waktu dua hari ke depan belum ada penambahan, maka pengujian swab dengan metode PCR di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Klas II Ambon, tidak bisa dilakukan dan akan kembali dikirim ke Balai Kesehatan, di Jakarta.

"Kita sekarang stok reagen dan ekstraksi tinggal 20," kata Kasrul usai Pelantikan Pejabat Eselon II di kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Rabu (22/4/2020) malam.

Untuk mengatasi permasalahan itu, Kasrul mengaku BTKLPP Ambon, mencoba pengadaan sendiri sebanyak 50 buah dalam satu dua hari ke depan.

"Kalau tidak dapat, mau tidak mau kita akan kirim swab untuk diperiksa ke Laboratorium Kesehatan di Jakarta," katanya.

Kekosongan itu, tambah Kasrul yang juga adalah Sekretaris Daerah Maluku ini, diakuinya sudah disampaikan kepada Gugus Tugas Nasional saat rapat melalui video teleconference, Rabu (22/4/2020).

Meski telah disampaikan, namun hingga malam tadi, pihaknya belum dapat memastikan apakah Maluku juga akan mendapatkan bantuan stok tersebut.

"Informasinya ada sekitar lima puluh ribu yang akan masuk ke Indonesia. Tapi kami dapat atau tidak belum diketahui," sebutnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!