Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Empat Pasien Covid-19 Maluku Dinyatakan Sembuh dan Dipulangkan, Mereka Diminta Sampaikan Pengalaman Dikarantina

satumaluku.id - Setelah menjalani perawatan dan karantina di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Maluku, kawasan Wailela, Kota Ambon, empat (4) pasien sembuh dari Covid-19, akhirnya dipulangkan oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, ke kediaman mereka masing-masing,

"Keempat pasien yakni 04, 05, 13, dan 14 asal Kota Ambon telah dikonfirmasi sudah sembuh setelah dilakukan tes lanjutan dan hasilnya negatif. Saya berharap saat mereka kembali ke lingkungan masyarakat dapat menjadi contoh sebab telah melewati proses perawatan," tutur dr. Burhanuddin, yang menangani pasien tersebut selama dikarantina di Balai Diklat BPSDM Provinsi Maluku, Selasa (21/04/2020).

Burhanuddin juga meminta agar para pasien tersebut menyampaikan pengalaman dan himbauan kepada masyarakat luas terutama dari sisi pengalaman selama dirawat.

"Setidaknya hal tersebut dapat menjadi contoh, dan dapat menjadi gambaran bagi masyarakat, bahwa meski pun positif tetapi selama tanpa gejala, sebenarnya dapat merawat diri sendiri di rumah secara mandiri," jelasnya.

Dia katakan untuk perawatan Orang Tanpa Gejala (OTG) dapat dilakukan secara mandiri di rumah, sebab tidak membutuhkan peralatan medis serta alat lainnya.

"Jika ada penyakit bawaan seperti typus dan lainnya makan perawatannya akan berbeda. Saya juga berharap agar para pasien yang telah sembuh agar tetap disiplin dengan menerapkan jaga jarak dan isolasi diri di rumah," harapnya.

Prosesi pemulangan keempat pasien Covid-19 ini, ikut ihadiri Ketua Harian Gustu Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang yang didampingi Plt. Karo Humas dan Protokol Setda Maluku, Melki Lohy.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!