Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Lagi 4 Pasien Covid-19 Maluku Sembuh, Pasien Kasus 04, 05, 13 dan 14 Hanya Dirawat di Balai Diklat BPSDM

satumalukuID/Ian Toisutta Ketua Harian Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, yang juga adalah Sekretaris daerah Maluku Kasrul Selang.

satumalukuID- Kabar baik kembali datang dari Tim Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Provinsi Maluku. Hari ini, Senin (20/4/2020), sebanyak empat pasien terkonfirmasi Covid-19 dinyatakan sembuh.

Yang lebih mengejutkan, mereka sembuh setelah hanya dirawat di Balai Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) BPSDM Provinsi Maluku, Jalan Ir. Putuhena, Wailela, Rumahtiga, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, bukan di rumah sakit.

Dari 17 kasus Covid di Maluku, kini tersisa 7 pasien yang sedang menjalani perawatan. Sebelumnya, Jumat (17/4/2020), tim gugus tugas mengumumkan kesembuhan lima pasien mengikuti jejak pasien 01 asal Bekasi, Jawa Barat, pada Selasa (7/4/2020) lalu.

"Alhamdulillah kita hari ini pasien terkonfirmasi 17 orang sudah sembuh 10. Hari ini sembuh 4 orang. Yang sembuh adalah pasien 04, 05, 13 dan 14," kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku, Kasrul Selang, melalui video teleconference, sore tadi.

Kasrul mengaku bersyukur, mereka yang dinyatakan sembuh dari Virus mematikan ini tidak mendapat perlakuan khusus. Mereka hanya dirawat di Balai Diklat, bukan di rumah sakit rujukan.

"Mungkin sehari dua mereka sudah keluar dan kembali kepada keluarga mereka," terangnya.

Dia menjelaskan, dari rekam jejak empat pasien tersebut, maka masyarakat jika  terkena virus Corona, tidak perlu panik. Hanya butuh mengikuti anjuran tim medis, dengan memakan makanan bergizi.

"Empat pasien ini dirawat tidak dengan perlakuan medik khusus misalnya inpus dan sebagainya, hanya butuh makanan bergizi dan suplemen suplemen, dan atas ijin Tuhan dengan bantuan para medis, mereka sembuh," jelasnya.

Empat pasien tersebut dinyatakan sembuh setelah tim dokter menerima hasil uji swab sebanyak dua kali berturut-turut. Di mana, hasil swab-nya menunjukan negatif.

"Kami juga menyampaikan terima kasih kepada empat pasien ini karena beberapa hari lalu mengikuti anjuran tim medis," ungkapnya.

Hingga saat ini, tambah Kasrul, kasus Covid-19 di Maluku tercatat sebanyak 7 terkonfirmasi, 15 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 87 Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!