Sekilas Info

Bantuan Alkes Percepatan dan Penanganan Covid 19 Kemenkes Tiba di Ambon Diangkut Pesawat Hercules

Foto: ANTARA/HO Petugas menyemprotkan cairan disenfektan terhadap barang barang yang baru diturunkan dari pesawat di Lanud Patimura Ambon, Minggu (19/4/2020).

satumalukuID - Bantuan alat kesehatan (alkes) percepatan dan penanganan COVID-19 dari Kementrian Kesehatan kembali tiba di Ambon Maluku menggunakan pesawat TNI AU jenis Hercules A-1330 dari Skadron 33 Makassar.

Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Sapuan di Ambon Minggu mengatakan bantuan alat kesehatan tersebut terdiri dari alat pelindung diri (APD) sebanyak 20 koli yang terdiri dari 1.000 APD dengan total berat 340 kg.

Proses distribusian APD ketiga kali dari Kemenkes RI untuk Dinkes Provinsi Maluku di Lanud Pattimura.

Proses distribusi alkes pertama kali tiba di Baseops Lanud Pattimura, Kamis (2/4), menggunakan pesawat Boeing 737 milik TNI AU dengan Pilot Mayor Pnb Agung Hartanto, dengan rute Makassar - Halim-Lombok-Kupang- Ambon.

Bantuan alkes tersebut terdiri dari APD sebanyak 30 boks (1.500 ea) seberat 510 kg dan masker sebanyak 7,5 box (7500 ea) seberat 40 kg.

"Sebelumnya pengiriman juga dilaksanakan Jumat (10/4) menggunakan pesawat AI-7304 dengan Pilot Mayor Pnb Devi yang membawa APD sebanyak 60 karton dan masker sebanyak 3 karton dengan berat 817 kg, " katanya.

Setibanya di Ambon, seluruh kru pesawat langsung diperiksa kesehatan dan dicek suhu tubuh oleh personel Siekes Lanud Pattimura.

Selain itu 20 koli APD yang diturunkan dari Hercules disterilkan dengan disemprot cairan desinfektan.

Baca Juga

error: Content is protected !!