Sekilas Info

Rasa Syukur Dokter Ritha Tahitu Tangani Pasien Covid 19 di RSUD Ambon Hingga Sembuh

satumalukuID - Puji syukur kepada Tuhan. Kata itu diungkapkan oleh dr Ritha Tahitu M.Kes, Plt Direktur RSUD dr Haukussy Ambon. Pasalnya, pasien 02 penderita wabah virus corona atau Covid 19 yang sedang dirawat para medis rumah sakit yang dipimpinnya dinyatakan sembuh dari virus mematikan tersebut.

"Puji syukur kepada Tuhan. Karena hasil tes Swab dua kali setelah pasien 02 dirawat, hasilnya negatif. Karena itu kami nyatakan sudah sembuh. Dan mungkin besok (Sabtu, red) sudah diijinkan pulang," ungkap Ritha kepada media ini, Jumat (17/4/2020) sore.

Dikatakan, pasien 02 ini adalah seorang oma berumur 74 tahun. Beliau dirujuk ke RSUD pada 8 April 2020, setelah sebelumnya dirawat di RST dr Latumeten Ambon.

Selain itu, dokter Ritha mengatakan, setelah oma atau pasien 02 dinyatakan sembuh. Pihaknya juga masih merawat dua pasien positif rujukan dari rumah sakit di Ambon. Kedua pasien itu adalah anak mantu nya pasien 02 dan seorang ibu dari Saparua yang awalnya dirawat di RS TNI AL Halong.

"Kami masih rawat dua pasien positif yang dirujuk ke RSUD. Mereka ditangani intensif. Hanya saja keduanya punya sakit bawaan yaitu diabetes dan sesak napas. Jadi ditangani dengan pengawasan serius," ujarnya.

Dengan demikian, pasien positif yang dirawat di RSUD Ambon tercatat sudah dua orang sembuh. Yakni pasien 01 asal Bekasi dan oma berusia lanjut tersebut sebagai pasien 02 di Kota Ambon.

Dr Ritha Tahitu

"Kami para dokter dan paramedis tetap semangat. Untuk itu, mohon dukungan dan doa dari masyarakat guna menopang kami melayani dan menangani pasien terkena virus corona ini," harap dokter Ritha.

Sebagaimana diberitakan dari si oma saja virus corona ini sudah berjangkit ke anaknya, menantu dan cucunya. Mereka sebagian diisolasi di Balai Diklat. Sedangkan dari pasien positif si ibu dari Saparua berjangkit ke suami dan anaknya yang kini dirawat di RS TNI AL Halong.

Sementara itu, data sementara terkini Jumat siang (17/4/2020) dari Satgas Penanganan Covid 19 Maluku yaitu pasien positif saat ini berjumlah 17 orang. Mereka berasal dari Ambon, Saparua (Maluku Tengah), Piru (Seram Bagian Barat) Buru dan Buru Selatan.

Dari data tersebut, untuk Kota Ambon terdapat tujuh pasien positif, empat diantaranya sudah sembuh. Maluku Tengah dua pasien positif, satu sembuh. Seram Bagian Barat satu sembuh. Buru satu pasien positif dan Buru Selatan juga satu positif. (NP)

Baca Juga

error: Content is protected !!