Sekilas Info

OPD Pemprov Maluku dan Komunitas Alumni SMA 2 ambon Bagi Paket Sembako Bagi Pekerja Terdampak Covid 19

Foto: Novi Pinontoan Plt Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Maluku D.N Kaya saat menyerahkan bantuan paket sembako.

satumalukuID - Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti dinas, badan, biro dan kantor di  lingkup Pemerintah Provinsi Maluku menempuh kebijakan meringankan beban hidup masyarakat terdampak virus corona atau Covid-19.

Caranya dengan memberikan paket sembako yang berisikan beras 5 kg, terigu 2 kg, minyak goreng 1 kg dan mie instan senilai Rp 100.000/paket.

Kebijakan tersebut untuk menyikapi beratnya pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari bagi masyarakat pekerja harian lepas seperti tukang becak dan ojek, sopir angkot yang mengalami penurunan pendapatan akibat dampak sosial distancing penyebaran Covid-19.

Kegiatan itu melibatkan sekitar 40 dinas, badan, biro dan kantor, dikordinir Dinas  Ketahanan Pangan Maluku yang dikepalai oleh Ir Lutfi Rumbia.

Plt Kepala Biro Pemerintahan, D.N. Kaya. S.Sos MS kepada media ini Sabtu (18/4/2020) mengatakan, pembagian sembako itu sudah mulai dilakukan sejak Jumat  (17/4/2020) oleh sekitar 10-15 OPD sesuai dengan lokasinya masing-masing.

Dia mengungkapkan, untuk aksi peduli tersebut setiap OPD menyiapkan paket dengan pengaturan untuk Dinas dan Badan sebanyak 55 paket serta untuk Biro sebanyak 25 paket, sehingga total paket yang diberikan kurang lebih 1.875 paket.

Selanjutnya pemberian diatur oleh masing-masing pimpinan OPD kepada masyarakat terdampak yang berdomisili di sekitar lingkungan kantor, atau di kawasan tempat tinggal pimpinan OPD.

Untuk Biro Pemerintahan, menurut Kaya pihaknya menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga yang berhak menerima pada RT 002/RW 06 Kelurahan Batu Meja, Pangkalan Becak Percetakan Negara, RT006/RW09 Kampung Kisar Kebun Cengkih, dan Pinang Putih Desa Hative Kecil.

Sedangkan Dinas Dukcapil membagikan di seputar kawasan Batumerah. Serta Dinas Perindag, Lingkungan Hidup, ESDM, dan Koperasi di sekitar lingkungan  kantor mereka. Kemudian Dinas Perumahan dan Pemukiman di beberapa pangkalan ojek kawasan Passo.

"Masih banyak OPD yang akan melanjutkan pembagian dari instansi mereka pada oekan depan. Karena banyak paket belum terdistribusi sesuai lokasi masing-masing," ujar Kaya.

Komunitas Alumni SMA Negeri 2 Ambon saat menyerahkan bantuan

Sementara itu, sebelumnya sudah banyak komunitas warga, alumni sekolah, LSM, aktifis, lembaga agama dan unsur TNI Polri yang melakukan aksi peduli bagi warga Ambon yang terdampak wabah virus Corona.

Salah satu diantaranya adalah dari alumni SMA Negeri 2 Ambon Jurusan IPA tahun 1979 yang membagikan makanan dan paket sembako dalam dua tahap yang dikordinir oleh Musalam Latuconsina dan kawan-kawan.

"Paket yang dibagikan pada tahap pertama yakni 300 paket makanan kepada para tukang ojek dan becak di berbagai lokasi di Kota Ambon. Sedangkan tahap kedua yakni 200 paket sembako yang dibagikan," tutur Nona Dientje P salah satu alumni kepada media ini, kemarin (17/4/2020). (NP)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!