Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Maluku Siapkan Rp 178 Miliar Tangani Covid-19, Gubernur: Kita Fokus Pada Tiga Hal

Suasana Kota Ambon dan teluknya.

satumalukuID- Pemerintah Provinsi Maluku menyiapkan anggaran sebesar Rp 178 miliar untuk fokus terhadap 3 hal utama penanganan dan pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Gubernur Maluku Murad Ismail mengatakan, 3 hal yang dijadikan fokus penanganan Covid-19 adalah pertama keselamatan dan kesehatan. Kedua, daya tahan ekonomi, dan terakhir yaitu jaringan pengamanan sosial.

"Jadi saya minta kepada basudara semua, tolong jaga jarak, patuh pada himbauan-himbauan yang disampaikan oleh kita," pinta Murad kepada wartawan di pelataran Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Jumat malam (17/4/2020).

Murad mengaku dirinya sangat bertanggungjawab terhadap penanganan Covid di Mauku. Olehnya itu, dia meminta dukungan dari semua pihak.

"Saya sangat bertanggungjawab atas Covid-19 di Maluku. Kalau ada hal-hal terkait saya mengambil tindakan, atau mengambil langkah-langkah, basudara semua dukung saya. Ini buat kebaikan kita semua," harapnya.

Untuk daya tahan ekonomi, mantan Dankor Brimob Polri itu mengaku telah menyiapkan kerja padat karya di bidang pertanian, perikanan dan lain sebagainya.

"Semua Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) kita sarankan untuk melaksanakan program-program padat karya demi kemasalahatan masyarakat," terangnya.

Sedangkan untuk jaringan pengamanan sosial, Murad mengaku telah meminta bantuan pemerintah pusat. Sehingga untuk menyiapkan semuanya, memerlukan pendanaan yang signifikan, dan cukup besar.

"Untuk itu kami perlu dan telah melakukan refokusting, realokasi dan rasionalisasi APBD Provinsi Maluku tahun 2020 sebesar 178 miliar," sebutnya.

Ratusan miliar yang disiapkan tersebut dialokasikan untuk keselamatan dan kesehatan sebesar Rp 68 miliar. Untuk penangan dampak ekonomi disiapkan Rp 53 miliar dan jaringan pengamanan sosial Rp 57 miliar.

"Kita juga akan membiaya kegiatan kegiatan berupa padat karya di sektor pertanian, peternakan, perkebunan serta infastruktur lainnya dari hasil rasionalisasi APBD kita," jelasnya.

Di sisi lain, lanjut Murad, gugus tugas nasional juga akan mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) dan peralatan medis lainnya ke daerah-daerah termasuk Provinsi Maluku.

"Juga dibahas oleh Menteri Kesehatan, bagi daerah-daerah yang memerlukan fasilitas kesehatan berupa ruang isolasi, fentilator dan peralatan lainnya untuk segera dilakukan realokasi dan alokasi khusus bidang kesehatan," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!