Sekilas Info

VIRTUAL COLLABORATION

Ambon Insight, Terpesona; Sebuah Dedikasi untuk Sang Legenda Glenn Fredly

Malam ini, beta ingin bercerita (lagi) tentang Ambon Insight. Pasti ada yang bertanya-tanya apa itu Ambon Insight.

Ambon Insight adalah sebuah proyek rekaman yang diinisiasi oleh beta, Falantino Eryk Latupapua, Marieonie Serhalawan, Margi Sipahelut, Margi Sipahelut dan Tamara Patricia (KAK5) dengan melibatkan banyak orang, dan dalam hal ini adalah teman-teman penyanyi serta musisi yang (harus) sebagian besar berdomisili di Ambon/Maluku.

Ambon Insight sejauh ini telah berkolaborasi dengan sekira 45 orang penyanyi, dan masih berharap akan terus berkembang. Juga dapat mengajak teman-teman lainnya, yang ingin bergabung dalam project kolaborasi bersama ini.

Ambon Insight awalnya kami inisiasikan untuk membuat campaign terhadap dampak Covid-19, dan puji Tuhan bahwa animo teman-teman yang berkolaborasi, tetap terjaga dengan baik. Walau pun semuanya untuk sementara waktu hanya melalui virtual collaboration. Rekaman jarak jauh dengan audio amatir.

Project ini adalah bentuk kepedulian KAK5 terhadap unity, terhadap kebersamaan, terhadap rasa persaudaraan antar teman-teman semuanya, yang kami harap akan terus berkembang. Dan berharap akan semakin banyak teman-teman yang ikut bergabung bersama, hanya untuk merayakan musik, serta menciptakan harmoni yang indah walaupun kita berbeda.

Lagu pertama Ambon Insight adalah Imagine (cover), telah dirilis di kanal Youtube KAK5 official, dan dibagikan di media-media sosial. Senang sekali bahwa semua berjalan lancar.

Nah, kami sedang mempersiapkan lagu kedua yang dalam sehari dua akan segera rilis. Kerjasama dan kolaborasi yang baik masih terus terjalin. Itu menandakan bahwa rasa persaudaraan, sama rasa, masih terus kami jaga dengan baik pula. Semoga kedepan akan terus begitu.

Sebagai seorang Music Director di project ini, selain membuat aransemen, tantangan terbesarnya adalah menyusun sekira 45 track vocal penyanyi, agar maksud lagu tersampaikan walaupun lewat virtual collaboration.

Untungnya semua ketulusan dan effort dari teman-teman yang terlibat, sangat memberikan semangat untuk tetap sama-sama berkarya.

Sangat bangga rasanya bisa bekerja dengan skala besar bersama kakak-kakak, adik-adik, teman-teman yang hebat-hebat ini. Karena seni tidak memandang usia, umur, agama, dan perbedaan apapun. Hanya bermodalkan karya yang tulus. Itulah berkesenian.

Lagu kedua kami didedikasikan kepada seseorang yang telah menorehkan sejarah bagi nama musik Maluku. Seorang biduan dan musisi yang memberikan nama dan dirinya, sebagai seorang musisi berdarah Maluku dan sangat layak dibanggakan. Iya, orang tersebut adalah (kami sebut namanya dengan penuh respect), Almarhum GLENN FREDLY DEVIANO LATUIHAMALLO.

Mungkin ini adalah sebuah hal kecil, namun ini adalah bentuk apresiasi kami kepada mendiang. Sosok inspiratif, musikal, rendah hati, dan seseorang yang perjuangannya harus diteruskan. Beliau adalah legenda.

Untuk itulah kami Ambon Insight merilis sebuah karya yang tulus, walaupun harus tetap #DIRUMAHAJA tapi tidak akan membatasi kami untuk berkarya.

Sampai bertemu melalui musik.

Salam,

#FP

Foto: satumalukuID/Doc. KaK5
Foto: satumalukuID/Doc. KaK5

Penulis: Figgy Papilaya, salah satu anak Maluku yang eksis di kancah musik Indonesia.

Penulis: Figgy Papilaya
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!