Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Pasien 02 Covid-19 di Ambon Akhirnya Sembuh, Mulai Senin Warga Diwajibkan Pakai Masker

satumalukuID - Pasien Kasus 02 Corona Virus Disease (Covid-19) berusia 74 tahun yang berasal dari Kota Ambon, akhirnya hari ini, Jumat (17/4/2020),  dinyatakan sembuh setelah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. M. Haulussy, kawasan Kudamati Ambon.

"Konfirmasi positif di Ambon 10 orang. Jumlah ini ada penambahan 1 orang. Yang pasti 2 pasien sudah sembuh. Pasien 01 asal Bekasi sudah pulang. Ini Pasien 02 sembuh juga. Puji Tuhan beliau sudah diperbolehkan pulang," ungkap Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, kepada wartawan, saat konferensi pers di Balai Kota Ambon, Jumat (17/4/2020).

Menurut Richard ada penambahan satu (1) pasien tersebut, yaitu pelaku perjalanan yang baru kembali tugas dari Jakarta yang merupakan daerah zona merah.

"Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) kita terus lakukan pengawasan. Kita apresiasi tim medis yang bekerja luar biasa. Terutama dalam upaya melakukan tracking keluarga atau lingkungan yang berinteraksi dengan pasien positif corona," tuturnya.

Selanjutnya sebagai upaya untuk menekan merebaknya wabah Covid-19 ini di Kota Ambon, Richard katakan, mulai Senin (20/4/2020), semua warga diwajibkan menggunakan masker saat keluar rumah.

"Saya sudah keluarkan edaran. Jadi semua orang yang tinggalkan rumah, wajib menggunakan masker," tegas Richard.

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, disebutnya sudah membagi-bagikan masker kepada masyarakat yang tidak mampu, lewat lurah dan dikontrol oleh camat.

Richard menyebutkan, mulai hari Senin akan dilakukan operasi terkait penggunaan masker ini. "Ada 5 tim bergerak di 5 kecamatan. Timnya ada unsur TNI, Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Tim ini akan berkeliling dengan mobil. Untung yang kedapatan tidak menggunakan masker, kami akan memberikan masker gratis dan mengedukasi masyarakat. Jika semua memakai masker, maka kita bisa menekan Covid-19 ini," terangnya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!