Sekilas Info

Token Gratis dan Diskon 50 Persen kepada Pelanggan PLN di Tanimbar akan Dibagikan Pekan Depan

satumalukuID - Pembagian token gratis dan diskon 50 persen kepada para pelanggan PLN penerima stimulus COVID-19 akan diberikan pekan depan, bersamaan dengan pembagian sembako oleh tim bentukan Pemkab Kepulauan Tanimbar.

"Menindaklanjuti rapat kita pada hari Jumat yang lalu, Pak Bupati meminta 4 SKPD yakni Dinas Sosial, Dinas Kominfo, Dinas PMD dan Bagian Ekokesra untuk membantu PLN Kepulauan Tanimbar merealisasikan kebijakan pemerintah untuk memberikan kepada Pelanggan PLN daya 450 volt ampere (VA) dan diskon 50 persen bagi pelanggan dengan daya  900 VA," ujar Kepala Bagian Ekokesra Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Ucok Poltak Hutajulu di Saumlaki, Rabu (15/4/2020).

Menurut dia, keempat dinas itu bersama PLN bergerak cepat menghimpun data dan diperoleh sebanyak 5.307 pelanggan prabayar penerima program stimulus COVID-19 gratis, sementara  penerima diskon 50 persen berjumlah 1.959 pelanggan, sehingga total penerima stimulus berjumlah 7.266 pelanggan.

Jumlah tersebut tersebar di tujuh kecamatan minus kecamatan Wuarlabobar, Fordata dan  Molo Maru yang saat ini belum teraliri listrik.

"Mengapa kami harus membantu, karena cara aplikasi bantuan token gratis itu melalui whatsapp dari Aplikasi web PLN, sementara banyak dari pelanggan 450 VA yang berada pada area yang tidak ada sinyal internet," kata Ucok.

Dia menjelaskan, pembagian satu kartu token itu hanya berlaku untuk satu bulan. Pembagian kartu token untuk bulan April, Mei dan Juni akan disalurkan secara rutin setiap bulan berjalan. Pengisian token prabayar ini setiap tanggal 11 bulan berjalan karena sudah tersistem.

Manajer pemasaran pada Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Saumlaki, William Telussa menjelaskan, untuk pelanggan prabayar bersubsidi dihitung berdasarkan pemakaian terakhir selama 3 bulan berjalan.

"Jadi jika selama 3 bulan terakhir ini pemakaiannya 200 kWh, maka akan mendapatkan subsidi 100 kWh yang langsung diberikan secara otomatis dari pusat," katanya.

Bagi pelanggan prabayar akan diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian tiga bulan terakhir, yaitu sejak Desember 2019 hingga Februari 2020.

Bagi pelanggan yang sudah telanjur membeli token listrik, maka token gratis akan tetap diperhitungkan pada pembelian bulan berjalan. Token yang telah telanjur dibeli juga masih tetap berlaku.

Telussa juga merincikan total pelanggan PLN  penerima stimulus COVID-19 di kabupaten Maluku Barat Daya, karena wilayah kerja UP3 Saumlaki juga membawahi seluruh wilayah kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Di MBD total penerima stimulus sebanyak 4.535 pelanggan, dimana total pascabayar ada 3.093 pelanggan dan prabayar berjumlah 1.442 pelanggan.

Penulis: Shariva Alaidrus
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!