Sekilas Info

PENCEGAHAN COVID 19

Mulai 20 April, Warga Kota Ambon Wajib Pakai Masker saat Berada di Luar Rumah

Foto: Bali Post/Istimewa) Foto ilustrasi; Pemasangan spanduk terkait peringatan penggunaan masker di Dalung, Bali.

satumalukuID – Warga Kota Ambon diwajibkan memakai masker saat keluar rumah. Surat Edaran Walikota Ambon tertanggal 13 April 2020, menyatakan kewajiban mengenakan masker bagi warga Kota Ambon efektif berlaku 20 April 2020.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menjelaskan, surat edaran kewajiban mengenakan masker yang ditujukan ke seluruh elemen masyarakat sudah disampaikan seluruh elemen masyarakat melalui Camat, Kepala Desa/Raja/Lurah dan RT serta RW di Ambon.

Kewajiban menggunakan masker setiap kali keluar rumah juga berpedoman pada Kepres Nomor 12 Tahun 2020 tentang penetapan bencana non alam penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19) sebagai bencana nasional.

Selain itu merujuk keputusan Walikota Ambon nomor 191 tahun 2020 tentang penetapan perpanjangan status tanggap darurat bencana non alam wabah penyakit akibat Covid-19 di Kota Ambon serta menyikapi meningkatnya penyebaran di Ambon.

Warga juga diminta wajib menggunakan masker pada saat berbelanja di pasar, toko, swalayan, supermartket dan lain-lain serta juga wajib menggunakan masker pada saat di Puskesmas, rumah sakit, dokter praktek dan apotik.

‘’Pemkota Ambon melalui instansi yang berwenang, tidak akan melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan, jika tidak menggunakan masker, hal yang sama juga dimintakan kepada pemilik angkot/pemiliki toko/pelayan toko agar tidak melayani bagi warga yang tidak menggunakan masker,’’ pintanya.

Louhenapessy juga meminta kepada seluruh warga masyarakat Kota Ambon untuk tetap tinggal dalam rumah, apabila tidak ada keperluan yang terlalu penting dan mendesak.

Penulis: M-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!