Sekilas Info

Dampak Corona, Kemiskinan di Maluku Meningkat, Gubernur: Dari 17 Naik 40 Persen

Foto: satumalukuID/Ian Toisutta Gubernur Maluku Murad Ismail menyampaikan soal jumlah kemiskinan di Provinsi Maluku semakin meningkat, dari 17 persen naik menjadi 40 persen, kepada wartawan di pelataran Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Kamis (16/4/2020).

satumalukuID- Dampak dari pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) mulai terasa. Jumlah kemiskinan di Provinsi Maluku semakin meningkat, mencapai 40 persen dari sebelumnya yang hanya 17 persen.

"Kita sekarang yang terpapar miskin. Dulu 17 persen, sekarang sudah 40 persen. Naik bertambah 23 persen," kata Gubernur Maluku, Murad Ismail, kepada wartawan di pelataran Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Kamis (16/4/2020).

Peningkatan kemiskinan tersebut, tambah Murad, digenapkan menjadi 100 persen. 20 persennya ditanggulangi Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Maluku, sementara sisanya ditangani 11 kabupaten dan kota yang ada di daerah ini.

"Sehingga setiap kabupaten dan kota itu, minimal menanggulangi 7 persen masyarakat yang miskin," katanya.

Untuk mengatasi permasalahan itu, mantan Komandan Korps Brimob Polri ini mengaku telah meminta bantuan sosial kepada Menteri Sosial RI.

"Tadi juga sudah kita bicarakan melalui video conferece, untuk bantuan segera turun dan kita akan bagi kepada masyarakat terpapar miskin," terangnya.

Murad menegaskan, bantuan sosial yang turun ke Pemda Maluku, bukan miliknya ataupun Kepala Dinas Sosial. Bantuan tersebut punya masyarakat miskin.

"Bantuan punya masyarakat yang terpapar miskin yang harus kita berikan selama 6 bulan ke depan. Ada banyak bantuan termasuk dari Presiden. Tinggal kita cepat urus saja," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!