Sekilas Info

Anggaran Tunjangan Sertifikasi 147 Guru di Kabupaten Buru Selatan Cair Bulan Ini

Foto: Taufik Tuanaya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bursel,, Edison Biloro.

satumalukuID - Tunjangan sertifikasi untuk 147 guru di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) yang masih tertunda akan segera dibayarkan pada April 2020 ini.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bursel,, Edison Biloro kepada media ini di Namrole, Rabu (15/4/2020).

Dijelaskan, jumlah guru penerima tunjangan sertifikasi terdiri dari 141 orang untuk Guru SD dan SMP ditambah 6 orang guru TK. Ia merincikan anggaran tunjangan sertifiksi guru tahun 2019 yang akan segera dibayarkan sebanyak Rp 3 miliar lebih dan untuk 2020 yaitu Rp 6 miliar menunggu koordinasi lanjutan.

Kepastian dana untuk pembayarannya setelah terkonfirmasi oleh Dirjen (Kemendikbud) dan Dinas Keuangan Bursel. Pada bulan Maret kemarin pihaknya sudah masukan SPM untuk realisasi dana tersebut, namun kepala keuangan Bursel merespon akan dicairkan pada April ini.

"Yang jelas, Dinas Pendidikan sudah berupaya mempercepat realisasi dana sertifikasi seperti yang diharapkan oleh rekan-rekan guru,” kata Edison.

Edison mengaku, belakangan ini pihaknya banyak menerima pertanyaan atau keluhan dari sejumlah guru terkait penundaan pembayaran tunjangan sertifikasi mereka itu. Sebab, tunjangan setifikasi tahun 2019 hingga memasuki bulan ke-4 tahun 2020, belum juga mereka terima.

Dijelaskannya, pembayaran tunjangan sertifikasi guru memang sangat bergantung pada proses penyaluran dana dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ke Dinas Pendidikan setempat. "Kita menunggu SK dari Kemendikbud. sebagai syarat pencairan tunjangan sertifikasi dimaksud," tambah Biloro.

Penulis: Taufik Tuanaya
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!