Sekilas Info

SISTEM PENGAMAN KOTA

Antisipasi Keadaan di Luar Jangkauan, Polda Maluku Gelar Pelatihan Tactical Floor Game

Foto: satumalukuID/Humas Polda Maluku

satumalukuID- Kepolisian Daerah Maluku menggelar pelatihan Tactical Floor Game (TFG) Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota). Kegiatan untuk menghadapi situasi kontingensi atau keadaan yang masih diliputi ketidakpastian dan berada di luar jangkauan, termasuk penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ini, berlangsung di Aula Ruang Rapat Utama (Rupatama) Markas Polda Maluku, Kota Ambon, Rabu (15/4/2020).

TFG merupakan bagian dari skenario pelatihan untuk mematangkan rencana operasi pengamanan. Pelatihan tersebut dipimpin langsung Kapolda Maluku Irjen Pol. Baharudin Djafar.

Kapolda melalui Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. M. Roem Ohoirat mengatakan, TFG merupakan bagian dari skenario latihan untuk mematangkan rencana Sispamkota Kontijensi Operasi Aman Nusa Satu, Dua dan Tiga, Tahun 2020 Polda Maluku.

“Tentunya dengan kegiatan ini, berbagai langkah-langkah yang akan dilakukan dari rangkaian demi rangkaian skenario latihan sudah disesuaikan dengan urutan, waktu dan kebutuhan latihan," kata Roem kepada wartawan.

Rangkaian pelatihan yang dilaksanakan tersebut, menurut Ohoirat, bertujuan untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam rencana operasi. Selain itu, juga untuk melatih kemampuan mengantisipasi hambatan yang diperkirakan akan dihadapi saat pelaksanaan tugas di lapangan.

"Ini agar personel yang terlibat dapat memahami tugas pokok, fungsi, dan peranannya masing-masing baik pada saat situasi aman maupun situasi kontijensi. Juga untuk menentukan pola pengamanan terhadap perkembangan situasi terkait penyebaran Covid-19," tandasnya.

Dalam pelatihan TFG Sispamkota tersebut, turut hadir Wakil Kepala Polda Maluku Brigjen Pol. Teguh Sarwono, Irwasda Maluku, dan para Pejabat Utama (PJU) beserta Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Kombes Pol. Leo Surya Nugraha Simatupang dan jajaranya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!