Sekilas Info

LISTRIK GRATIS

Warga Maluku yang Tidak Terdaftar Sebagai Penerima Listrik Gratis Masih Punya Peluang, Ini Caranya

Foto: satumalukuID/Freepik.com Ilustrasi Listik PLN

satumalukuID- Banyak warga yang mengeluh karena namanya tidak terdaftar sebagai penerima program pembayaran listrik gratis selama 3 bulan terhitung April 2020. Padahal, mereka termasuk dalam keluarga miskin.

Menjawab keluhan warga tersebut, PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara, memastikan jika mereka masih memiliki kesempatan untuk memperoleh program gratis dari Pemerintah Pusat.

Caranya adalah masyarakat harus melaporkan kepada Pemerintahan Desa setempat. Setelah dilaporkan, pemerintah desa akan melakukan survey hingga datanya dikumpulkan ke dalam Basis Data Terpadu (BDT) Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Kementerian Sosial

"Peluangnya ada. Silahkan saja masyarakat berurusan dengan pemerintah setempat. Nanti akan ada klarifikasi, jika datanya dikirim ke TNP2K di Kementerian Sosial," kata Amos Pasalli, Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan, PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara saat dikonfirmasi satumalukuID, Selasa (14/4/2020).

Menurutnya, satu-satunya cara untuk masyarakat mendapatkan subsidi listrik adalah mendaftar ke TNP2K tersebut.

"Karena PLN mengacu ke data itu," tandasnya.

Untuk diketahui, PLN telah menyiapkan mekanisme atau cara mendapatkan program pembebasan biaya tarif listrik bagi konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA) dan pemberian keringanan tagihan 50% kepada konsumen rumah tangga bersubidi 900 VA.

Tagihan pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan pada bulan April, Mei dan Juni. Sementara untuk prabayar, caranya mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id dengan ID tersebut. Setelah itu pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Sedangkan diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50%. Sementara bagi prabayar, token listrik gratis sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Berikut mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50% untuk Pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi.

Mekanisme website dengan cara:
1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19.
2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter, Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Atau anda juga bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara :
1. Buka Aplikasi WhatsApp
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
3. Token gratis akan muncul
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Dengan ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!