Sekilas Info

PLN Maluku Potong Setengah Biaya Pasang Baru Listrik Khusus Keluarga Miskin di Daerah 3T

Foto: satumalukuID/ian Toisutta Manager Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Ramli Malawat.

satumalukuID- Setelah menggratiskan pembayaran listrik selama 3 bulan terhitung April 2020, PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Maluku dan Maluku Utara kembali memberikan keringanan kepada masyarakat di wilayah kerjanya.

Kali ini, keringanan diberikan khusus bagi masyarakat yang terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT) Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dan daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T).

Keringanan yang diberikan kepada masyarakat kurang mampu di daerah 3T yaitu pemotongan atau diskon 50% biaya pemasangan listrik baru bagi calon pelanggan berdaya 450 VA dan 900 VA.

Potongan setengah biaya pemasangan baru dari harga sebenarnya ini berlaku hingga Desember 2022 mendatang. Harga pemasangan baru listrik 450 VA sekitar Rp 400.000 lebih. Sementara 900 seharga Rp 800.000 lebih.

"Jadi dengan adanya pemotongan maka calon pelanggan akan membayar untuk 450 VA sekitar Rp 200.000 lebih dan dan 900 VA Rp 400.000 lebih," kata Manager Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Ramli Malawat, Selasa (14/4/2020).

Pemotongan tersebut, kata Malawat, merupakan promo dari Program Terangi Negeri bagi calon pelanggan yang terdaftar dalam BDT TNP2K dan daerah 3T se-Indonesia.

Program ini dalam rangka melanjutkan akselerasi pencapaian Rasio Elektrifikasi Nasional. Selain itu, juga sebagai pemberdayaan perekonomian bagi masyarakat kurang mampu yang belum mendapatkan sambungan listrik.

"Kami menyadari bahwa salah satu kendala dalam meningkatkan pencapaian Rasio Elektrifikasi yakni kemampuan ekonomi dari masyarakat itu sendiri dalam hal biaya penyambungan pasang baru listrik," terangnya.

Dengan adanya program tersebut, PLN, kata Malawat, berharap dapat meringankan beban masyarakat dalam hal mendapatkan atau menikmati listrik.

Untuk mendapatkan program tersebut, calon pelanggan dapat mengajukan permohonan ke Website PLN ww.pln.co.id atau pun melalui Contact Center PLN 123.

"Untuk calon pelanggan yang terdaftar dalam BDT TNP2K dan atau berada di Daerah 3T akan langsung mendapatkan pemotongan biaya atau diskon sebesar 50%," kata dia.

Selain itu, Malawat mengaku, permohonan pasang baru pada program ini dapat dilayani melalui Layanan Satu Pintu (LSP). Yaitu layanan permohonan sambungan listrik sekaligus permohonan inspeksi kelaiakan operasi instalasi bangunan.

"Program Terangi Negeri ini sendiri telah dilakukan sejak tahun 2019 lalu, dimana pada tahun 2019, total peserta promo program ini di Maluku dan Maluku Utara sendiri mencapai 22.335 peserta," sebutnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!