Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Relawan Medis dari Kedokteran Unpatti dan Poltekes Ambon Dilibatkan Tangani Covid 19 di Maluku

Kampus Universitas Pattimura Ambon

satumalukuID- Untuk penanganan kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),  Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku akan melibatkan relawan tenaga medis dari Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon dan Politeknik Kesehatan (Poltekes) Ambon.

Ketua Pelaksana Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang mengungkapkan, pelibatan relawan dilakukan lantaran pemerintah daerah (pemda) sendiri tidak mungkin meminta bantuan dari pusat. Sebab, kondisi tersebut dialami seluruh daerah di Indonesia.

"Kita rekrut relawan-relawan yang merupakan mahasiswa fakultas Kedokteran Unpatti dan Poltekes Ambon tingkat akhir," kata Kasrul di kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Senin (13/4/2020).

Para relawan yang merupakan mahasiswa semester akhir ini akan didampingi pengawas dari tenaga medis senior atau yang telah berpengalaman.

"Mereka membantu, tapi supervisornya yang sudah bersertifikat karena ini menyangkut medis," sebutnya.

Lantas, apakah Alat Pelindung Diri (APD) tenaga medis telah memadai? Kasrul katakan setiap sepekan pihaknya terus melakukan pengadaan.

"Kalau kita lihat stok tersisa untuk dua minggu, maka kita beli lagi. Kalau kita beli banyak-banyak, kasian daerah lain. Jadi harus sesuai kebutuhan," katanya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!