Sekilas Info

Petugas Rutin Periksa Kesehatan Pelaku Perjalanan di Maluku Tenggara

Foto: ANTARA/HO/Siprianus Yanyaan Suasana pemeriksaan para pelaku perjalanan di Bandara Karel Sadsuitubun Maluku Tenggara.

satumaluuID - Anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Maluku Tenggara Abdulah Azis mengatakan petugas medis rutin melakukan pemeriksaan terhadap para pelaku perjalanan yang datang atau kembali ke Maluku Tenggara (Malra).

"Gugus tugas melalui petugas yang sudah ditempatkan di posko baik Bandara Karel Sadsuitubun maupun pelabuhan rakyat, rutin melaksanakan pemeriksaan terhadap para pelaku perjalanan yang baru tiba di Malra," katanya di Langgur, Jumat (10/4/2020)..

Selain di pintu masuk daerah tersebut, pemeriksaan rutin juga dilakukan di tempat-tempat karantina yang menampung para pelaku perjalanan.

"Pemeriksaan rutin juga dilakukan di tempat karantina mandiri, di antaranya Hotel Langgur, Ohoi Sathean, Ibra, Wain Raja, Watngon, Rewav, Elaar Let, Watngil, Wab, Debut, Rumadian, Dian Darat, Dian Pulau, Tetoat, Ngursit, Wirin, Madwat, Ohoibadar, Warwut, Evu, Letvuan, Elat, W.Frawav Ngardu, Dangarat, Ohoituf, Watsin, Ohoiwait dan Wetuar," kata Azis.

Adapun hasil pemeriksaan terhadap para pelaku perjalan itu hingga kini negatif atau tidak ditemukan gejala penderita COVID-19.

Pengawasan pun terus dilakukan baik oleh satgas COVID-19, pihak Kecamatan, Ohoi, dan puskesmas pada tempat-tempat karantina tersebut.

"Kesadaran diri pelaku perjalanan untuk mematuhi SOP karantina mandiri sangat penting. Masyarakat juga dapat melakukan pemantauan pelaku perjalanan yang tinggal di kediaman keluarga, sehingga benar-benar melakukan physical distancing, tetap tinggal dalam rumah, jaga jarak dan tidak bersentuhan fisik serta melakukan perilaku hidup bersih," kata Azis.

Ia menambahkan, pada Kamis tanggal 9 April 2020, Pemda Malra melalui Dinas Kesehatan melakukan video conference bersama Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dirjen Bangda, Dirjen Otda, membicarakan tentang penanganan COVID-19 di Indonesia.

"Bupati, Kapolres dan Dandim 1503 Tual ikut video conference dengan Menkopolhukam, Menkokemaritiman, Mendagri dan Menteri Keuangan, terkait penerapan PSBB dan penghematan anggaran bagi Pemda," ujarnya.

Data sementara, Kabupaten Malra hingga kini masih tetap dengan dua warga status ODP (orang dalam pemantauan) dan satu PDP (Pasien Dalam Pengawasan) yang kondisinya membaik dan kini menjalani rawat jalan.

Baca Juga

error: Content is protected !!