Sekilas Info

IN MEMORIAM

Kenangan tentang Glenn Fredly Merajai Trending Youtube dan Twitter, Eksistensinya Diakui Banyak Orang

satumalukuID - Luar biasa Glenn Fredly. Pesonanya sebagai superstar sangat diapresiasi masyarakat Indonesia.

Sehari setelah pemakamannya, linimasa media sosial masih dipenuhi dengan kisah Glenn yang menginspirasi, tidak hanya dalam kapasitas sebagai penyanyi dan pencipta lagu, tetapi kepedulian di bidang kemanusiaan maupun sosial kebudayaan.

Sampai saat tulisan ini dibuat setidaknya ada delapan video terkait Glenn Fredly yang masuk dalam deretan trending Youtube. Ini merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa dari seorang artis Indonesia.

Bukan itu saja. Sejumlah acara hiburan di berbagai stasiun TV swasta selama dua hari ini, membahas kisah Glenn Fredly.

Di hari kematiannya nama Glenn Fredly juga menjadi trending di twitter.

Najwa Shihab yang sangat mengagumi Glenn mengapresiasi sikap sahabatnya itu karena di tengah rasa sakit yang dia derita masih mau menyumbangkan suaranya dalam acara konser amal #DiRumahSaja. Konser yang digagas Najwa itu sebagai bentuk solidaritas musisi mendukung pencegahan penyebaran Covid 19.

Lagu Rumah Kita dinyanyikan Glenn secara penuh. Padahal saat Itu dia tengah menahan rasa sakit kepala yang luar biasa.

Dua host acara Tonight Show Desta dan Vincent tak kuasa menitikkan airmata saat mengetahui Glenn Fredly sudah tiada. Hal yang sama juga dilakukan Judika dan Tompi.

Salah satu diaspora Maluku Lily Selano, di akun facebooknya menulis bagaimana sosok Glenn yang peduli dengan studio musik tertua di Solo Lokananta.

Saat berkunjung ke Solo, tahun 2012 lalu, Glenn berkunjung ke Lokananta. Glenn merinding. Studio musik tertua yang berdiri pada 1956 ini mengoleksi lagu daerah sekaligus rekaman penting sejarah perjalanan Indonesia, seperti sub-master pidato Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Masa keemasan Lokananta terjadi pada pertengahan 1970-an hingga akhir 1980-an. Kala itu, Lokananta bisa merilis 100.000 keping kaset di pasaran yang disambut baik oleh masyarakat.
Lokananta nyaris terlupakan dan Glenn Peduli.

Glenn kemudian mengajak masyarakat untuk peduli dan menjaga agar Lokananta tetap terdengar gaungnya, melalui kampanye Save Lokananta.

Kampanye Save Lokananta itu dia wujudkan dengan melakukan rekaman DVD bertajuk "Glenn Fredly and Bakucakar Live from Lokananta", pada tahun 2012.

Lily melukiskan Glenn Fredly, sebagai musisi dan penyanyi bersuara emas dan berhati emas.

“Musisi sejati, Hormate Glenn!” tulisnya mengenang kepergian Glenn Fredly.

Di kalangan masyarakat Maluku Jabodetabek, respect kepada Glenn begitu besar. Kendati pihak keluarga telah mengimbau agar pelayat tidak perlu mengantar jenasa Glenn Fredly ke pemakanan, namun antusias masyarakat Maluku Jabodetabek tak surut.

Mereka ikut dalam proses kebaktian pelepasan jenasah Glenn di gereja GPIB Sumber Kasih, Lebak Bulus, Jakarta Selatan hingga ke tempat pemakaman di TPU Tanah Kusir, Jakarta.

Sebagai solidaritas dan penghargaan, saat jenasah Glenn meninggalkan gereja, anak-anak Maluku dari berbagai organisasi seperti Maluku Satu Darah dan Maluku Satu Rasa menyanyikan lagu Gandong.

“Glenn sudah banyak berbuat untuk Indonesia dan Maluku. Katong sangat menghormati dia,” ungkap salah satu orang Maluku dari organisasi Maluku Satu Darah Jakarta.

Bagi masyarakat Diaspora Maluku, salah satu legacy yang tak bisa dilupakan dari sosok Glenn, dia membangun kebanggan orang Maluku dengan istilah Beta Maluku. Bisa jadi, istilah ini sudah merakyat di masyarakat Maluku. Tetapi Glenn yang menegaskannya dalam sejumlah event di Jakarta dan dalam film Cahaya dari Timur yang melegenda itu.

“Sekarang dimana-mana anak-anak Maluku selalu bangga memakai kaos bertulisan Beta Maluku. Ini penegasan dan ungkapan rasa bangga sebagai orang Maluku,” ungkap Jimmy, salah satu tokoh Maluku di Jabodetabek.

Penulis: Petra Josua
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!