Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Pekerja Informal dan Harian Lepas di Maluku Bakal Dapat Bantuan Sembako 

satumalukuID/freepik.com Ilustrasi beras.

satumalukuID - Wabah pandemik Corona Virus DIsese 2019 (Covid 19) yang merebak di mana-mana, sangat dirasakan oleh para pekerja sektor informasl, dan para pekerja harian lepas.

Dirinya berharap adanya perlindungan dan proteksi, kepada pekerja informal dan pekerja harian lepas, berupa perluasan Kartu Pra Kerja, serta menjaga ketersediaan kebutuan pokok, dengan selalu mengoptimalkan Satgas Pangan.

Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur Murad, saat video conference bersama Forkopimda Provinsi Maluku, bupati dan wali kota, Gugus Tugas Kabupaten dan Kota, Tokoh Agama, serta Pimpinan OPD terkait di lingkup Pemprov Maluku, Rabu (8/4/2020).

Khusus untuk pemberian Jaring Pengaman Sosial, dia katakan, pemerintah akan memberikan bantuan kepada kurang lebih 40 persen atau sekitar 103.239 KK (Kepala Keluarga) yang terdampak, seperti tukang ojek, tukang becak, pedagang asongan, dan lainnya.

Bantuan yang diberikan, jelas Murad, berupa sembako senilai Rp200.000,- kepada setiap kepal Keluarga (KK) terdampak selama sembilan bulan kedepan, dengan porsi pembiayaan adalah 20 persen berasal dari APBD Provinsi, dan 80 persen dari APBD Kabupaten dan Kota, termasuk melalui Dana Desa.

"Saya minta kepada bupati wali kota untuk secepatnya melakukan pendataan di Kabupaten Kota. Diharapkan sudah bisa didistribusikan menjelang bulan Ramadhan," harapnya.

Dia lantas menekankan dua prinsip utama dalam penanganan Covid-19, yaitu mengobati yang sakit dan menjaga yang sehat.

Pemerintah Provinsi Maluku, kata Murad telah mengeluarkan beberapa keputusan penting antara lain, penetapan Maluku Dalam Keadaan Darurat Non Alam, serta dikeluarkannya Maklumat Gubernur Maluku.

"Sebagai ikhtiar dalam menahan laju dan memutus mata rantai sebaran Covid-19, saya harap agar masyarakat tetap mengacu pada ketentuan dan kebijakan physical distancing (menjaga jarak fisik). Semoga para bupati dan wali kota bersama TNI/POLRI serta tokoh agama, dapat membantu proses ibadah selama bulan Ramadhan nanti," harapnya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!