Sekilas Info

IN MEMORIAM

Katong Samua Sayang Glenn Fredly, Tapi Tuhan Berkehendak Lain

Foto: Istimewa Istri Glenn Fredly, Mutia Ayu mengelus jenasah Glenn.

Maluku dan Indonesia kehilangan penyanyi top dan pencipta lagu berkualitas, Glenn Fredly Deviano Latuihamalo.

Pencipta dan pelantun lagu hits seperti Terpesona, Januari, Kasih Putih, Sedih Tak Berujung, Semua Karena Cinta dan seabrek lainnya itu meninggal karena sakit di RS Setia Mitra kawasan Fatmawati Jakarta Selatan, Rabu (8/4/2020) malam.

Jenasah Glenn disemayamkan di Gereja GPIB Sumber Kasih Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Rencananya ibadah pemakaman akan dilakukan pukul 11.00 WIB dan selanjutnya dimakamkan di TPU Tanah Kusir.

Lantas apa kata ayah Glenn, Hengky Latuihamalo atas berpulangnya Glenn ke sang pencipta?

"Beta tahu. Katong samua sayang Glenn. Tapi Tuhan punya kehendak lain bung. Beta dan keluarga kehilangan dia. Tapi beta ikhlas. Karena itu kuasa Tuhan," ungkap Hengky, yang juga mantan penyanyi di grup vokal Andarinyo dengan dialek Ambon kepada media ini yang menghubunginya via telepon seluler, Rabu malam.

Hengky mengakui punya rasa sedih dan kehilangan mendalam. "Namun hanya bisa pasrah. Tete Manis lebih sayang Glenn," katanya.

Sementara itu, adik Glenn yakni Moses Latuihamalo atas nama keluarga, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas kepedulian dan perhatian kepada Glenn. Ia juga menyampaikan permohonan maaf bila semasa hidup almarhum ada berbuat khilaf.

Selain itu, karena situasi wabah Covid 19 maka diminta perhatian pelayat tidak berbondong-bondong hadiri pemakaman Glenn. Pada kesempatan lain.

Kerabat dekat Glenn, Mariana Latuihamalo/T kepada media ini mengungkapkan, karena situasi wabah Covid 19 sehingga jenasah Glenn disemayamkan sekaligus ibadah pemakaman dilaksanakan di GPIB Sumber Kasih Lebak Bulus Jakarta Selatan. "Ini karena situasi," katanya.

Berita duka kematian Glenn spontan heboh. Banyak yang tidak percaya. Ucapan duka dan komentar di medsos menjadi viral. Bukan saja di Ambon Maluku. Namun seluruh Indonesia dan di berbagai negara menyampaikan turut berduka.

Bahkan Presiden Joko Widodo pun merasakan kehilangan Glenn. Jokowi bersama keluarga mengirimkan karangan bunga turut berdukacita.

Glenn punya magnet tersendiri. Sampai Menteti Keuangan Sri Mulyani pun lantas menulis di medsos tentang pandangan dan kenangan nya terhadap Glenn.

"Saya kehilangan seorang teman yang memiliki kepedulian yang sangat besar terhadap berkembangnya industri musik dan kesejahteraan para musisi serta seniman Indonesia.," ucap Sri Mulyani di pembuka catatannya mengenang Glenn Fredly yang beredar luas.

Penyanyi senior legendaris Indonesia, Bob Tutupoly didalam akun facebooknya menulis: "Tak terlukis kesedihan kami sekeluarga atas berpulangnya seorang artis besar Indonesia yang baik hati, ramah dan sederhana, Glenn Fredly. Semoga istri dan putrinya diberikan kekuatan dan ketabahan oleh Yang Maha Esa. #RIPGlennFredly," tulis Bob Tutupoly.

Kemudian musisi dan penyanyi senior Dharma Oratmangun menulis: "Selamat Jalan di Keabadian. Adik, Ananda, Sahabat "GLENN FREDLY" . Glenn sudah torehkan Karya2 Terbaik dengan Tinta Emas dalam Khasanah Musik Indonesia," ujarnya.

Sedangkan Ketua DPRD Maluku Drs Lucky Wattimury kepada media ini Kamis siang (9/4/2020) menyampaikan kesannya atas meninggalnya Glenn Fredly.

"Maluku kehilangan seorang musisi besar di tanah air. Glenn Fredly telah jadi ikon bagi kehebatan musisi asal Maluku. Dia menjadi penerus pasca Broery Pesulima dan para musisi lain di jamannya," ucap Lucky.

Sementara itu, musisi senior Harry Leiwakabessy mengatakan, Indonesia kehilangan penyanyi dan pencipta lagu berkualitas. Jadi bukan Maluku saja. Karena Glenn miliki dua profesi itu. Contohnys Broery penyanyi berkelas dan top. Tapi Broery tidak mahir cipta lagu.

Begitu juga Rinto Harahap. Dia pencipta lagu top, tapi buksn penyanyi terbaik. Nah Glenn punya kemampuan berkualitas untuk dua hal itu. "Yang paling menonjol dari Glenn. Dia rendah hati dan cinta Maluku bahkan Indonesia dengan karya dan aktifitasnya. Sebagai senior beta salut Glenn. Sayangnya kita kehilangan dia," tutur Harry, sedih. (Novi Pinontoan)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!