Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Saat Pengawasan, Anggota DPRD Kota Ambon Temukan Pedagang di Pasar Mardika Tidak Kenakan Masker

Anggota DPRD Kota Ambon, Saidna Azhar Bin Taher (kanan), saat melakukan pengawasan di Pasar Mardika Ambon, Kamis (9/4/2020).

satumalukuID - Anggota DPRD Kota Ambon, Saidna Azhar Bin Taher menyebutkan, saat dirinya melakukan pengawasan di Pasar Mardika Ambon, dia menemukan kenyataan bahwa sebagian besar pedagang di sana ternyata tidak menggunakan masker.

Padahal menurut dia, pemerintah telah mengeluarkan intruksi kepada masyarakat, terkait kewajiban menggunakan masker. Ini juga sesuai dengan anjuran dari Word Healt Organization (WHO), untuk menekan potensi penyebaran Covid-19.

"Sayangnya, masih banyak masyarakat yang tidak memakai masker, dengan berbagai alasan meskipun sudah dianjurkan pemerintah," ujar Saidna, di Ambon, Kamis (9/4/2020).

Dia katakan yang belum melaksanakan intruksi penggunaan masker tersebut, seperti halnya para pedagang yang berjualan di Pasar Mardika Ambon.

"Pasar itu ruang publik dengan sirkulasi orang yang berbeda-beda. Jadi ini titik yang berpotensi sehingga perlu dibijaki," imbaunya.

Anggota DPRD kota Ambon dua periode ini juga meminta Pemerintah Kota Ambon, melalui dinas teknis untuk menghimbau dan mengawal masyarakat yang berdagang di pasar untuk selalu menggunakan masker saat berjualan.

"Pemerintah harus intens lakukan pengawasan oleh dinas teknis dalam hal ini Satpol PP bekerjasama dengan TNI-Polri, supaya masyarakat bisa menjaga standar pencegahan Covid-19. Salah satunya dengan kenakan masker saat jualan," tandasnya.

Meski begitu, dia mengakui, bahwa para pedagang di pasar juga mengeluhkan harga masker yang mahal. Untuk itu, dia meminta Pemerintah Kota Ambon agar membantu menyediakan masker kepada pedagang pada pasar-pasar di Kota Ambon.
"Masukan dari pedagang katanya masker mahal. Saya sarankan Pemkot agar fasilitasi masker gratis kepada pedagang di pasar-pasar," tutupnya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!