Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Hasil Rapid Test dan PCR Sama, Satu Warga Saparua Terkonfirmasi Covid-19

satumalukuID- Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Saparua, terkonfirmasi suspect Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Ini dipastikan setelah hasil Rapid Test dan Polymerase Chain Reaction (PCR) sama, Rabu (8/4/2020).

Pasien 03 Covid-19 itu, kini dirawat di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL), Kawasan Desa Halong, Kecamatan Baguala, Kota Ambon. Dia mulai diisolasi bersama suami dan seorang anaknya setelah dinyatakan positif versi Rapid Test, Selasa (7/4/2020).

Untuk suami dan seorang anak pasien 03 yang juga positif versi Rapid Test kemarin, hingga saat ini hasil pemeriksaan medis dengan PCR belum diterima dari BTKL Klas II Ambon.

"Hari ini kita terkonfirmasi lagi pasien positif. Kita menamakan pasien 03. Dia sementara dirawat di RSAL Halong, Ambon,"kata Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19, Kasrul Selang, melalui siaran youtube Dinas Infokom Provinsi Maluku.

Setelah terkonfirmasi pasien 03 di Maluku, Kasrul mengaku tim kesehatan di Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, mulai melakukan tracking atau pelacakan.

Meski telah terkonfirmasi, tapi Kasrul mengaku jika pasien 03 tersebut saat ini dalam kondisi baik.

Tak hanya pasien 03, tapi pasien 02 yang kini dirawat di Rumah Sakit Tentara (RST) dr. J. A. Latumeten Ambon, juga dalam kondisi kesehatan yang membaik.

"Kondisi pasien 02 dan 03 membaik dan tetap diisolasi. Dan yang 02 kita sudah ambil swebnya yang kedua, swebnya sudah terlanjur kirim ke Jakarta," kata dia di Kantor Gubernur Maluku.

Kasrul menyampaikan, pihaknya telah sepakat untuk pasien Covid-19 yang kritis akan dirawat di RSUD dr. M. Haulussy Ambon. Sampai saat ini, kondisi klinis pasien 02 dan 03 dalam keadaan baik.

"Karena kita sudah sepakat di RSUD Haulussy diperuntukkan untuk pasien yang betul-betul kritis," tambahnya.

Hingga Rabu (8/4/2020) pukul 12.00 WIT, update Covid-19 di Maluku diantaranya 2 terkonfirmasi, 1 sembuh, 17 PDP dan 158 Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!