Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Mulai Rabu Pemeriksaan Sampel Pakai PCR Bisa Dilakukan di Ambon, Satu Hari Bisa 50 Sampel

Ilustrasi tes PCR

satumalukuID- Kabar baik datang dari tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Provinsi Maluku. Mulai besok, Rabu (8/4/2020), pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) bisa dilakukan di Kota Ambon.

Ketua harian Gugus Tugas Covid-19 yang adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, Kasrul Selang, mengaku, pemeriksaan sampel menggunakan PCR akan dilakukan di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (TKL-PP) di Kota Ambon.

"Ada berita baik, kita sudah boleh tes PCR di Ambon di Balai TKL-PP, mulai besok. Satu hari bisa 50 sampel atau spesimen,"kata Kasrul kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Selasa malam (7/4/2020).

Terkait spesimen milik 3 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dari Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, Kasrul mengaku belum mendapatkan laporan apakah sudah dikirim ke Jakarta atau belum.

Selain 3 PDP yang kini dirawat di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL), Kasrul juga mengaku belum mengetahui apakah spesimen ke dua milik pasien kasus 02 Covid-19 di Rumah Sakit dr. J. A. Latumeten, Kota Ambon.

"Saya belum cek, tapi sesuai jadwal harusnya hari ini dikirim sama-sama (ke Jakarta)," ungkapnya.

Untuk seorang PDP yang dirawat di RSUD dr. M. Haulussy Ambon, tambah Kasrul, berdasarkan pemeriksaan PCR, hasilnya negatif.

"Sudah. Hasilnya negatif," tandasnya

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!