Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Belasan Ribu Warga Tercatat Masuk Ambon Pasca Keluarnya Maklumat Gubernur Maluku

Ist Salah satu kapal milik Pelni saat berlaBuh di Pelabuhan Ambon.

satumalukuID- Ketua Harian Gugus Tugas Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Provinsi Maluku, Kasrul Selang, mengaku, hingga saat ini tercatat kurang lebih belasan ribu orang pelaku perjalanan telah masuk di Kota Ambon.

Belasan ribu orang datang dari berbagai daerah luar Maluku, sejak keluarnya maklumat Gubernur Maluku, Murad Ismail, tentang pembatasan perjalanan dari dan menuju Provinsi Maluku, Kamis (26/3/2020).

Para pelaku perjalanan datang melalui dua pintu utama yakni jalur laut dan udara atau Pelabuhan Yos Sudarso, maupun Bandara Pattimura, Kota Ambon.

"Sejak dikeluarkannya maklumat Gubernur itu sudah lebih dari belasan ribu orang," kata Kasrul di lantai 6 Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Senin (6/4/2020).

Untuk mencegah penyebaran virus mematikan tersebut, Kasrul mengaku solusinya adalah isolasi mandiri. Olehnya itu, dia mengharapkan kepada rekan-rekan tokoh agama, ketua RT, bahkan PNS, agar dapat memaksimalkan pendampingan.

"Jadi kita mengharapkan teman-teman, tokoh agama, ketua-ketua RT sampai lapisan paling bawah bahkan PNS Pemprov Maluku untuk maksimal satu orang dampingi satu pelaku perjalanan," pintanya.

Selain itu, tambah Kasrul, pihaknya juga telah menyiapkan tenaga medis. Jika dibutuhkan atau ada keluhan, mereka akan dipanggil untuk perawatan.

Menyoal mengenai penerapan lockdown, atau penutupan akses masuk keluar di Maluku, dalam rangka pencegahan Covid-19 sebagaimana desakan sejumlah elemen masyarakat, kata Kasrul, harus disepakati bersama, tidak ansih Gubernur Maluku.

Menurutnya, Rabu depan (8/4/2020), Gubernur dan Forkopimda Maluku bersama Bupati/Walikota di 11 Kabupaten/Kota akan melakukan rapat melalui video conference (Vicon). Banyak hal nantinya yang akan dibahas.

"Hari Rabu ada vicon antara Forkopimda Maluku dan Kabupaten/Kota karena kewenangan untuk itu, tidak hanya Gubernur yang ambil keputusan sendiri atau bupati sendiri, tapi harus kita perhitungkan segala macam baru kita tentukan. Jadi belum sampai ke sana," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!