Sekilas Info

PENCEGAHAN COVID 19

Semua Orang yang Pernah Kontak Erat dengan Pasien 01 Corona di Ambon Dinyatakan Tidak Tertular

Foto: satumalukuID/Istimewa Sekretaris Daerah Maluku Kasrul Selang.

satumalukuID- Sebanyak 102 orang diketahui pernah kontak erat dengan pasien 01 Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) asal Bekasi, Jawa Barat, di Kota Ambon. Tapi, kabar baiknya, mereka dinyatakan tidak tertular.

Ratusan orang-orang itu diketahui tidak tertular dari hasil spesimen yang telah didapatkan dari Laboratorium Kesehatan di Jakarta. Tahap pertama berjumlah 73 orang. Hasilnya sama dengan saat ini berjumlah 29 spesimen.

"Hasil spesimen sisa yakni 29 orang juga negatif. Jadi semuanya dinyatakan negatif," ungkap Ketua Harian Satgas Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang kepada wartawan di kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Jumat (3/4/2020).

Dengan diterimanya spesimen sisa tersebut, maka semua orang yang pernah kontak erat dengan pasien 01 Covid-19 dinyatakan negatif atau tidak tertular.

Untuk diketahui, pasien 01 Covid-19 berinisial AA. Dia merupakan warga Bekasi, Jawa Barat yang datang ke Ambon sebagai pekerja salah satu swalayan di Hotel Santika Ambon.

Kini, pasien 01 itu sudah dinyatakan sembuh dan telah kembali ke Bekasi bersama dengan 14 teman temannya melalui jalur udara, Kamis (2/4/2020) pukul 15.00 WIT.

Sementara 102 orang termasuk 14 rekannya, puluhan tim medis dan lain sebagainya yang pernah melakukan kontak dengannya juga dinyatakan negatif.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Meykal Pontoh, mengaku, terkait hasil spesimen pertama milik 3 PDP di Kota Ambon, juga negatif.

Namun 3 PDP yang kini sedang di rawat di RSUD dr. Haulussy, Rumkit Tentara dan Lantamal Halong itu, juga masih menunggu tes ke dua.

"Belum dapat laporan pemeriksaan pakai rapid test atau belum," tandas Kasrul yang juga adalah Sekretaris Daerah Maluku itu.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!