Sekilas Info

TAGIHAN LISTRIK

Ini Cara Mendapatkan Keringanan Tagihan Listrik Bagi Pelanggan 450 VA dan 900 VA

Foto: satumalukuID/Freepik.com Ilustrasi Listik PLN

satumalukuID - Menyikapi kondisi akibat wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), pemerintah mengeluarkan kebijakan memberikan keringanan untuk biaya jasa listrik selama 3 bulan ke depan, terhitung mukai dari bulan April.

PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah menyiapkan mekanisme atau cara mendapatkan program pembebasan biaya tarif listrik, bagi konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA) dan pemberian keringanan tagihan 50% kepada konsumen rumah tangga bersubidi 900 VA.

Tagihan pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar, akan langsung dibebaskan pada bulan April, Mei dan Juni. Sementara untuk prabayar, caranya mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id dengan ID tersebut. Setelah itu pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Sedangkan diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50%. Sementara bagi prabayar, token listrik gratis sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Berikut mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50% untuk Pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi.

Mekanisme website dengan cara:
1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19.
2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter, Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Atau anda juga bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara :
1. Buka Aplikasi WhatsApp
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
3. Token gratis akan muncul
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Dengan ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya.

"Proses pembagian token bebas tagihan dan diskon tarif listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 April, paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut," ungkap Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN, I Made Suprateka, melalui rilis yang disampaikan Manager Komunikasi PLN Maluku dan Maluku Utara Ramli Malawat kepada satumalukuID, Jumat (3/4/2020).

Lebih lanjut dikatakan, kebijakan pemberian keringanan tagihan listrik ini sebagai bentuk kehadiran negara dalam membantu perekonomian masyarakat miskin dan tidak mampu.

"Ini bukti PLN bersama Pemerintah siap hadir di setiap kondisi," jelasnya.

Terkait dengan hal itu, Manager Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Ramli Malawat, juga menambahkan jika pihaknya pada prinsipnya siap melaksanakan program sesuai perintah pusat.

"Kami siap melaksanakan yang disampaikan oleh PLN Kantor Pusat dari kebijakan pemerintah tersebut. Informasi selanjutnya juga akan selalu kami sampaikan secepatnya," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!