Sekilas Info

Buka Pelatihan Pra Operasi Keselamatan Siwalima 2020 Jelang Idul Fitri, Ini Pesan Kapolda Maluku

Foto: satumalukuID/Humas Polda Maluku Kapolda Maluku Irjen Pol. Baharudin Djafar.

satumalukuID- Jelang perayaan Idul Fitri 1441 Hijriyah, Kepala Polda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Baharudin Djafar, membuka Pelatihan Pra Operasi (Latpraops) Keselamatan Siwalima tahun 2020.

Dalam sambutannya, Jenderal Bintang Dua Polri ini menekankan dua hal penting kepada peserta Latpraops yang berlangsung di Rupatama Polda Maluku, Kota Ambon, Kamis (2/4/2020).

“Alangkah baiknya, operasi ini ke depan tetap melihat dua sisi, yaitu mewujudkan keamanan lalu lintas sekaligus mendukung langkah-langkah pemerintah dalam mencegah berkembangnya wabah Covid-19 utamanya jelang hari raya idul Fitri 1441 H,” kata dia.

Pelatihan pra operasi keselamatan Siwalima tahun 2020, bertujuan untuk memberikan bekal atau materi kepada seluruh personel yang terlibat dalam pelaksanaannya nanti.

“Semoga dalam pelaksanaan ini, peserta dapat melaksanakan tugas dengan baik dan optimal sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan,” harapnya.

Fenomena Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), tambah dia, saat ini telah menyita perhatian seluruh dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga sudah resmi mengumumkan wabah virus tersebut sebagai pandemik global.

“Alhamdulillah untuk Maluku, kemarin bapak Gubernur telah menyampaikan warga yang terjangkit virus Corona telah dinyatakan sehat,” ucap Baharudin bersyukur.

Menurutnya, tugas Polri memberikan perlindungan, pengayoman, pelayan serta sebagai penegak hukum. Olehnya itu, polri harus mampu menciptakan rasa aman bagi seluruh masyarakat, di tengah wabah virus mematikan tersebut.

"Kita dituntut untuk hadir memberikan perlindungan, pengayoman, pelayan bagi masyarakat," pintanya.

Langkah untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, tambah mantan Kapolda Sulawessi Barat ini adalah dengan melibatkan pemerintah daerah, baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota, juga instansi terkait lainnya.

“Bangun koordinasi dan komunikasi bersama antara pemerintah dan instansi terkait yang disesuaikan dengan karakteristik wiilayah Maluku guna mendukung kelancaran operasi ini,” kata dia.

Baharudin meminta seluruh personel agar senantiasa meningkatkan kemampuan sumber daya manusia. Ini harus diutamakan, agar dapat mewujudkan sinergitas, dan terciptanya kesamaan visi, misi dan persepsi.

“Bagi semua yang terlibat langsung dalam operasi saya berpesan agar dapat dan mampu menjalankan ini dengan baik sebagaimana diharapkan pada rencana operasi dan dijalankan dengan penuh tanggung jawab,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!