Sekilas Info

PENCEGAHAN COVID 19

Dua Kali Uji Lab, Satu-satunya Pasien 01 Corona di Maluku Akhirnya Sembuh

Foto: satumalukuId/freepik.com Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

satumalukuID- Sejak ditetapkan sebagai pasien 01 Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Minggu (22/3/2020) lalu, AA, yang diisolasi dan ditangani tim medis RSUD dr. M. Haulussy, Kota Ambon, akhirnya dinyatakan sembuh.

Hasil spesimen dari warga asal Bekasi, Jawa Barat itu dipastikan sembuh atau negatif dari Covid-19 melalui hasil uji laboratorium kesehatan sebanyak 2 kali di Jakarta.

Gubernur Maluku, Murad Ismail, mengaku, AA dipastikan sembuh melalui 2 kali uji laboratorium. Hasil spesimen pertama dikirim setelah 8 hari dinyatakan positif Covid-19.

"Sehari berikutnya dilakukan pemeriksaan ketiga, hasilnya juga negatif, dan bersangkutan dinyatakan telah sembuh," kata Murad yang kini menjadi Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Rabu (1/4/2020).

Mantan Komandan Korps Brimob Polri ini mengaku, AA ditangani tim medis RSUD dr. M. Haulussy Ambon, sesuai standar pengobatan. Orang-orang yang memiliki riwayat kontak dengannya juga dikarantina.

Setelah dinyatakan positif, tim satgas Covid-19 kemudian melakukan penelusuran. Sebanyak 102 orang diketahui pernah berinteraksi dengan pasien 01 tersebut.

Selanjutnya, spesimen dari ratusan orang itu diambil dan dikirim ke Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balibangkes) di Jakarta. Hasilnya, 73 orang juga dinyatakan negatif. Sementara hasil dari sisanya belum keluar.

"Saya mengapresiasi dukungan berbagai pihak dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19, baik tenaga medis, gugus tugas, TNI-Polri, dan masyarakat," sebutnya.

Meski saat ini pasien 01 telah dinyatakan sembuh dari wabah mematikan tersebut, namun mantan Kapolda Maluku itu mengaku perjuangan belum berakhir.

Para Bupati dan Walikota beserta semua masyarakat diharapkan tetap meningkatkan kewaspadaan dan kesiap-siagaan. Seluruh elemen masyarakat diminta untuk tetap melakukan langkah-langkah pencegahan Covid-19 di lingkungannya masing-masing.

"Saya minta kita semua untuk tetap berikhtiar, tetap jaga jarak, dan ikutilah aturan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah, serta tetap berdoa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa," pintanya.

Hingga saat ini, tercatat sebanyak 132 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 8 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang tersebar di 11 Kabupaten/Kota di Maluku.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!