Sekilas Info

PENCEGAHAN COVID 19

Cegah Penyebaran Covid-19 Lapas Ambon Bebaskan 77 Orang Narapidana

satumalukuID- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Ambon, rencananya akan membebaskan sebanyak 77 orang narapidana.

Upacara pembebasan akan berlangsung di Lapas Klas II Ambon, Negeri Nania, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Kamis (2/4/2020).

Puluhan narapidana dibebaskan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Ini berdasarkan Permenkumham nomor 10 tahun 2020. Kemudian ditindaklanjuti dengan surat edaran dirjen," ungkap Kepala Lapas Ambon Saiful Sahri kepada satumalukuID, Rabu (1/4/2020).

Dalam surat edaran tersebut, meminta melepaskan narapidana yang asimilasinya dalam tahun ini dan sebelumnya yaitu 2/3 masa pidana.

"Jadi tidak boleh lewat dari tanggal 31 Desember 2020," kata Saiful dihubungi malam ini via selulernya.

Mantan Kepala Lapas Piru ini mengaku, setelah menerima surat edaran dirjen, pihaknya kemudian melakukan pendataan. Hasilnya menemukan sebanyak 99 orang napi.

"Setelah kami sisir, ada 99 narapidana yang dalam tahun ini akan dikeluarkan. Untuk besok setelah kita hitung ada 77 orang," sebutnya.

Puluhan napi yang akan dibebaskan besok bervariasi. Ada kasus narkotika, perlindungan anak, perkelahian, curanmor, kecelakaan lalu lintas dan sebagainya.

Mereka akan dibebaskan besok dan secara serentak di Indonesia. Sebab, laporan tersebut harus disampaikan paling lama 7 April 2020 mendatang.

"Dari tanggal 1 sampai tanggal 7 itu sudah dilaporkan. Orang tua mereka dari anak-anak harus datang ambil. Karena kita penyerahan di depan (Lapas Ambon)," kata dia.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!