Sekilas Info

KERINGANAN TAGIHAN LISTRIK

Gara-Gara Corona, PLN Maluku dan Malut Siap Dukung Pembebasan Tagihan Pelanggan Listrik

Foto: satumalukuID/Freepik.com Ilustrasi Listik PLN

satumalukuID- PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (Malut) siap melaksanakan kebijakan pemerintah, untuk membebaskan tagihan kepada pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan memberikan diskon 50 % untuk pelanggan 900 VA.

Dukungan penuh ini disampaikan setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk membebaskan pembayaran listrik bagi 24 juta pelanggan 450 VA dan 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi. Keringanan biaya listrik ini akan berlaku selama tiga bulan yakni April, Mei, dan Juni 2020.

“Kebijakan pembebasan tagihan dan keringanan tarif listrik tersebut sudah dibicarakan dan dikoordinasikan dengan PLN. Kami sangat mendukung dan siap melaksanakan kebijakan Pemerintah yang disampaikan oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo,” kata Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini, melalui rilisnya yang disampaikan Manager Komunikasi PLN Maluku dan Malut Ramli Malawat kepada satumalukuID, Selasa (31/3/2020).

Zulkifli menambahkan, adanya kebijakan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi global Covid-19. Wabah ini juga telah mengakibatkan lesunya perekonomian di tanah air.

Program pembebasan tagihan dan keringanan pembayaran tersebut, lanjut dia, dimaksudkan untuk melindungi masyarakat yang paling terdampak pandemi.

“Saat ini masyarakat diimbau untuk tetap di rumah. Berkegiatan di rumah. Tujuannya untuk mencegah penularan yang makin luas. Pembebasan dan diskon tarif listrik ini diharapkan dapat mendukung hal tersebut. Jadi masyarakat, khususnya yang tidak mampu, tidak harus khawatir dalam menggunakan listrik selama musim yang sulit ini,” pungkas Zulkifli.

Lantas apakah masyarakat Maluku dan Malut juga akan merasakan kebijakan pemerintah tersebut, kata Manager Komunikasi PLN Maluku-Malut, Ramli Malawat, pihaknya pada prinsipnya siap mendukung kebijakan yang ada.

"Prinsipnya kami siap mendukung dan menjalankan kebijakan pemerintah sesuai yang disampaikan Kantor Pusat tersebut," kata dia.

Olehnya itu, lanjut Malawat, mekanisme lebih lanjut, akan segera disampaikan kepada masyarakat Maluku maupun Malut.

"Mekanisme lebih lanjut kita tunggu bersama dari pemerintah sebagai regulator yang akan disampaikan ke PLN Pusat lalu diturunkan ke kami di Unit. Info lebih lanjut akan segera kami sampaikan lagi," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!