Sekilas Info

KASUS KEBAKARAN

Polresta Pulau Ambon Amankan Satu Orang Diduga Penyebab Kebakaran di Ongkoliong Ambon

Foto: satumalukuID/Ian Toisutta Tenda pengungsi kebakaran di kawasan Ongkoliong, Negeri Batu Merah, Kota Ambon.

satumalukuID- Satu orang warga Ongkoliong telah diamankan pasca kebakaran melanda 73 unit rumah, kemarin pagi, Minggu (29/3/2020). Dia diduga menjadi penyebab terjadinya kebakaran hingga membuat 634 jiwa dari 82 Kepala Keluarga (KK) terpaksa mengungsi saat ini.

“Tersangka belum, sebenarnya kita masih lakukan pemeriksaan dulu, kita dalami yang diduga menjadi penyebab. Penyebabnya karena kelalaian juga masih kita dalami dulu, tapi memang sampai saat ini satu orang sudah kita amankan,” ungkap Kepala Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Kombes Pol. Leo Surya Nugraha Simatupang kepada wartawan di lokasi pengungsian, Ongkoliong, Negeri Batumerah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Senin (30/3/2020).

Hingga kini, tambah Leo, penyidik masih terus mendalami penyebab kebakaran. Sejumlah saksi telah diperiksa. Bahkan, Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) awal untuk mengetahui penyebab kebakaran sudah dilakukan sejak kemarin.

“Olah TKP awal sudah. Nanti kalau dia (diduga pelaku yang sedang diamankan sementara) dijadikan tersangka nanti kita akan lihat apakah kami akan mengulang olah TKP apakah cukup dengan pemeriksaan awal. Keterangan saksi ada beberapa untuk menguatkan, tapi kemungkinan mengarah ke tersangka satu orang,” jelasnya.

Menyoal mengenai kepastian identitas dari dua orang korban terbakar di dalam kamar mereka, tambah mantan Kapolres Pulau Buru ini sudah teridentifikasi.

“Informasi terakhir kedua-duanya sudah dapat teridentifikasi oleh pihak keluarga, nanti dicocokan lagi di rumah sakit,” tandasnya.

Untuk diketahui, 73 unit rumah yang berada di kawasan Ongkoliong RT 02 RW 010 dan RT 03 RW O2, Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, ludes terbakar, Minggu (29/3/2020).

Kebakaran terjadi sejak pukul 04.45 WIT hingga pukul 08.30 WIT. Puluhan bangunan terbakar, terdiri dari tempat kos-kosan dan rumah warga.

Hingga kini, penyebab kebakaran belum diketahui. Tapi berdasarkan sejumlah saksi mata mengaku titik api diduga berasal dari rumah kontrakan, tepat di kamar Irvan dan Munira, pasangan suami istri.

Kebakaran naas itu dapat teratasi setelah 5 unit mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kota Ambon datang pukul 05.15 WIT. Dibantu 1 unit mobil tangki air milik PMI Kota Ambon, api berhasil dipadamkan.

Pasca insiden itu, Kapolda Maluku Irjen Pol. Baharudin Djafar, didampingi Kapolresta Pulau Ambon, Kombes Pol. Leo Surya Nugraha Simatupang, dan Dandim 1504 Pulau Ambon Kolonel Kav. Cecep Sutandi langsung meninjau lokasi kebakaran. Mereka turut memberikan belasungkawa dan duka cita atas kejadian tersebut.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!