Sekilas Info

KASUS KEBAKARAN

Ini Kata Sekot Ambon Saat Menyambangi Ratusan Korban Kebakaran Kawasan Ongkoliong Batu Merah

satumalukuID- Sekretaris Kota (Sekot) Ambon, Anthony Gustaf Latuheru, tampak menyambangi para korban kebakaran di Ongkoliong, Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Senin (30/3/2020).

Didampingi Kepala BPBD Kota Ambon Denny Paays, Sekot mengelilingi satu per satu tenda yang telah dibangun di bekas terminal bus lintas Seram tersebut.

Kepada wartawan, Latuheru mengaku sejak pasca kebakaran, pihaknya telah membangun 22 tenda sosial dan 15 terpal untuk ditempati setiap keluarga yang rumahnya terbakar.

Menurutnya, tenda berukuran 4x4 meter ditempati oleh satu rumah yang terbakar. "Jadi berapa pun daya tampung rumah itu kita kasih satu tenda,” kata dia.

Selain tenda, fasilitas lainnya yang sudah disediakan adalah air bersih. Ini terpenuhi atas kerjasama semua instansi terkait baik di Pemerintah Daerah Maluku, maupun Kota Ambon.

"Ada 6 tangki tempat air sudah ada. Sampai dengan sore ini, kita anggap bahwa tenda ini sudah selesai 100 persen dan semua bisa menghuni di dalamnya. Jadi praktis untuk persiapan bantuan darurat sudah bisa kita selesaikan seluruhnya,” kata dia.

Sore ini, lanjut Latuheru, pihaknya juga akan menyiapkan satu unit WC portable. Selebihnya, para korban dapat memanfaatkan WC di rumah mereka yang terbakar.

“Karena lokasi tidak terlalu luas untuk kita buat WC darurat lagi. Nah itu yang kita manfaatkan sekarang,” ujarnya.

Latuheru mengungkapkan, pihaknya juga akan menyiapkan lampu penerangan. Setiap tenda akan terpasang satu mata lampu tanpa terminal cok. Pihaknya sengaja tidak menyediakan cok di setiap tenda untuk mengantisipasi adanya resiko lainnya.

“Kalau mereka ingin cas HP, nanti petugas datang kita minta buat satu tempat cas HP, mungkin di posko saja. Kita tidak bisa kasih mereka cas di tenda masing-masing karena berisiko, ya anak-anak, setrum dan sebagainya,” ujarnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!