Sekilas Info

Mayat Terapung di Laut Aru, Dikenali dari Tatonya adalah ABK Sanjaya 33 yang Hilang

Foto: satumalukuID/Embong Ilustrasi korban.

satumalukuID- Sesosok mayat laki-laki yang ditemukan terapung di perairan Kabupaten Kepulauan Aru, ternyata Ari Wibowo, ABK KM. Sanjaya 33. Identitasnya diketahui dari tatto pada salah satu anggota tubuhnya. Dia sebelumnya telah dinyatakan hilang pada Sabtu (21/3/2020) lalu.

Ari merupakan korban tenggelamnya KM. Sanjaya 33 di perairan Kabupaten Kepulauan Aru, Minggu (15/3/2020). Dia tenggelam bersama 13 rekannya yang ditemukan selamat pada Selasa (17/3/2020) pagi hingga siang hari.

Kepala Basarnas Ambon, Muslimin, mengaku, jenasah Ari ditemukan ABK KM. Sanjaya 108, yang sedang melepas jangkar pada posisi  7° 12' 23" S - 134° 20' 46" E perairan Aru, Kamis (26/3/2020) pukul 07.30 WIT.

Kapal lego jangkar karena mesinnya dalam kondisi perbaikan. Saat itu, mereka juga sedang menunggu alat mesin dari kapal rombongan.

Saat menunggu kedatangan kapal rombongan sambil memperbaiki mesin, pada pukul 08.20 WIT, Jafar Paparu, salah satu ABK melihat benda putih terapung. Lelaki 40 tahun ini melaporkan kepada Kapten Bingsing/Ahong (54).

"Saksi melaporkan bahwa ada benda putih terapung di sekitaran kapal dengan jarak kurang lebih 500 meter," kata Muslimin, Sabtu (28/3/2020).

Melihat hal itu, Ahong memerintahkan untuk mendekat. Sekira pukul 08.30 WIT, jangkar kapal kembali diangkat dan mendekati objek untuk memastikannya.

"Saat melihat bahwa benda terapung tersebut jenazah laki-laki, selanjutnya Kapten menghubungi Rinto, pengurus kapal di Dobo. Saat itu Rinto menyampaikan agar membantu untuk dievakuasi (mayat) ke kapal dan di bawa ke Dobo," jelasnya.

Mendapat perintah itu, pukul 09.00 WIT ABK KM. Sanjaya 108 mengevakuasi mayat ke atas kapal dan di bawa ke dobo.

"Pada Jumat kemarin pukul 18.30 WIT kapal tiba di pelabuhan umum Yos Soedarso, Dobo. Jenasah diturunkan dan dilarikan ke RSUD Cendrawasih Dobo untuk dilaksanakan otopsi," sebutnya.

Dari hasil pemeriksaan oleh tim medis RSUD Cendrawasih Dobo, jenasah diketahui sebagai Ari Wibowo. Identitasnya diketahui dari tatto yang dimilikinya.

"Diketahui saat dilakukan pengecekan (pengenalan) oleh ABK KM. Sanjaya 33 yang selamat saat mengalami lakalaut, bahwa benar dari tanda tatto, korban ini yang belum diketemukan bernama Ari Wibowo," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!