Sekilas Info

ANTISIPASI VIRUS CORONA

Telusuri Jejak Pasien Positif Corona di Ambon, Hampir 100 Orang Berpotensi Tertular

Foto: satumalukuId/freepik.com Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

satumalukuID- Empat tim mulai melacak jejak Pasien 01 Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Ambon. Tarik mundur perjalanan warga Bekasi, Jawa Barat itu, menemukan hampir 100 orang berpotensi tertular wabah virus berbahaya ini.

Empat tim yang dibentuk masing-masing melacak perjalanan Pasien 01 itu di bandara, rumah Sakit, dan kendaraan yang digunakan pekerja di salah satu swalayan baru yang menjual kebutuhan rumah tangga di Kota Ambon.

Ketua Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang, mengaku, pihaknya telah melakukan berbagai macam langkah atau tindakan dalam penanganan masalah ini.

"Yang paling penting kita sudah ditetapkan sebagai status tanggap darurat bencana non alam, Covid-19 ya," kata Kasrul.

Menurutnya, saat ini tim yang terbagi sudah mulai melacak perjalanan pasien positif Corona tersebut,. Dimulai dari atas pesawat, penginapan, kendaraan, hingga aktifitasnya di Kota Ambon.

"Kalau di pesawat dia duduk di kursi berapa, pegang tangan dengan siapa, duduk di samping siapa, di depannya siapa, di belakangnya siapa, tim kita dengan Kota (tim dari Kota Ambon) sudah tracking sampai ke situ, dan sudah punya data-data itu. Begitu juga di RSUD dr. M. Haulussy Ambon, dia dilayani oleh perawat di UGD siapa dan seterusnya," paparnya.

Menindaklanjuti maklumat Kapolri, Sekretaris Daerah Maluku ini mengimbau masyarakat, untuk menghentikan acara kumpul-kumpul atau menjadi panitia dalam acara keramaian.

"Yang satu orang positif saja, kita tracking ke belakang itu sudah hampir 100 orang yang berpotensi, karena kemarin dia pegang tangan di sini lah, pegang tangan di sana lah dan seterusnya. Dia naik mobil pangkalan mana, naik angkot mana, itu kan tarik mundur semua," ujar Kasrul mengingatkan.

Menyoal hasil spesimen yang dikirim ke Balibang Kementerian Kesehatandi Jakarta, menurut Kasrul, hanya satu ini yang positif corona.

"Kemarin kita kirim sampel ada 4. Satu sudah terkonfirmasi positif, sedangkan yang tiga negatif," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!