Sekilas Info

MENGATASI VIRUS CORONA

Bupati Pulau Morotai Berlakukan Karantina bagi Semua Orang yang Masuk ke Wilayahnya

Foto: satumalukuID/Info Morotai Kegiatan Satgas Covid-19 Kab Pulau Morotai pada Terminal Kedatangan dan Keberangkatan Pelabuhan Penyeberangan (Pelabuhan Ferry) Juanga, di Kecamatan Morotai Selatan, Senin (23/ 03/ 2020). Petugas melakukan tes suhu badan dan menyemprot dengan cairan disinfektan kepada Penumpang.

satumalukuID - Mulai hari ini, Selasa (24/3/2020), Kabupaten Pulau Morotai di Provinsi Maluku Utara, mengumumkan status darurat pencegahan bencana, serta melanjutkan kerja-kerja satgas secara ketat dan masif.

"Mulai hari ini juga dilaksanakan karantina terhadap masyarakat yang masuk ke Pulau Morotai," ujar Bupati Pulau Morotai Benny Laos, dalam siaran persnya yang diterima satumalukuID, Selasa (24/3/2020).

Menurut Benny, meskipun dalam keadaan sehat, karantina bagi semua orang yang masuk ke Kabupaten Pulau Morotai tetap diberlakukan selama 7 sampai 14 hari.

"Karantina bagi yang terindikasi sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) di RSUD Kabupaten Pulau Morotai selama 14 hari. Evakuasi pasien dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) keluar dari Morotai ke Rumah Sakit rujukan," terangnya.

Menyinggung tentang langkah-langkah terkait darurat pncegahan bencana, lanjut Benny, adalah menaikkan standar protokol satu level dari protokol ketentuan umum. Kemudian melakukan penyemprotan cairan desinfektan secara serentak, di seluruh areal publik, dan rumah-rumah di wilayah Pulau Morotai tanggal 24 Maret 2020.

Langkah yang lain, tambah Benny, yaitu melakukan pengawasan dan pemantauan di pintu masuk, dalam bentuk screnning terhadap kedatangan dan keberangkatan penumpang di Bandara Leo Wattimena, Pelabuhan Penyeberangan, dan Pelabuhan Laut serta Pelabuhan Rakyat.

Selanjutnya dia menghimbau kepada masyarakat menaati protokol kesehatan di antaranya, menjauhi kerumuman, mengindari sentuhan maupun berdekatan dengan orang lain, menjaga jarak dalam komunikasi atau lebih banyak tinggal di rumah.

Warga juga diingatkan untuk sering cuci tangan atau pola hidup bersih, menjaga kesehatan dengan berolah raga teratur dan istrirahan yang cukup, serta megonsumsi makanan bergizi dan tepat waktu.

Yang terakhir, warga diminta untuk menutup mulut saat bersin atau batuk dengan sapu tangan atau tisu, selanjutnya jika muncul gejala agar dilaporkan kepada Satgas Srd. dr Toni pada nomor HP. 0853-3501-6777.

"Mari kita bersama mendoakan Indonesia, Malukau Utara dan Morotai supaya cepat terbebas dari dari virus corona. Podiki de Porigaho. Bersama kita cegah penyebaran virus corona. Salam Morotai Sehat," pungkas Benny.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!