Sekilas Info

Warga Kota Ambon Diimbau Tidak Lakukan Pembelian Kebutuhan Pokok secara Berlebihan

Foto: Daniel Leonard Tim Satgas Pangan Provinsi Maluku dipimpin Dir Krimsus Polda setempat melakukan inspeksi mendadak ke tingkat distributor guna mengecek ketersediaan barang dan mengantisipasi adanya aksi pembelian barang secara berlebihan (Panic Buying).

satumalukuID - Warga kota Ambon diimbau untuk tidak melakukan aksi panic buying atau membeli bahan kebutuhan secara berlebih seiring penyebaran COVID-19. Tim Satgas Pangan Provinsi Maluku telah melakukan inspeksi mendadak untuk mencegah terjadinya fenomena panic buying oleh masyarakat.

"Kondisi yang terjadi dua hari terakhir masyarakat menyerbu toko dan swalayan untuk membeli kebutuhan pokok dalam jumlah yang banyak, kita imbau masyarakat tetap tenang karna stok kebutuhan pokok cukup," kata Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler, Senin (23/3/2020).

Menurut dia, COVID-19 cukup mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Selain itu, juga membuat fear effect" atau ketakutan yang membuat masyarakat akhirnya panik. Masyarakat yang menyerbu ritel sebagai upaya untuk melakukan pembelian barang.

Tetapi tindakan yang berlebihan ini membuat panik masyarakat lainnya, akibat rasa takut tidak kebagian stok kebutuhan. "Masyarakat jangan panik tetap tenang karena stok kebutuhan pokok kita cukup untuk dua bulan kedepan, " ujarnya.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak distributor, Bulog untuk memastikan ketersediaan stok pangan serta memantau kestabilan harga.

Syarif menambahkan, terpenting saat ini adalah bagaimana menerapkan instruksi pemerintah meminimalisir penyebaran COVID-19 dengan menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

"Pola hidup sehat seperti cuci tangan yang baik dan benar, tidak melakukan aktifitas diluar rumah jika tidak penting, merupakan cara paling aman untuk mencegah penyebaran virus corona, " tandasnya.

Sementara itu, Tim Satgas Pangan Provinsi Maluku dipimpin Dir Krimsus Polda Maluku Kombes Pol Eko Santoso, melakukan inspeksi mendadak (Sidak)  ke tingkat distributor guna mengecek ketersediaan barang dan mengantisipasi adanya aksi pembelian barang secara berlebihan.

"Direktorat Reskrimsus selaku satgas pangan bersama instansi terkait turun langsung melakukan pengecekan ke distributor yang ada di Kota Ambon dalam rangka antisipasi Panic Buying sekaligus mengantisipasi stok pangan untuk ketersedian akibat COVID-19," kata Dir Krimsus Kombes Pol Eko Santoso di Ambon, Senin (23/3/2020).

Menurut dia, sebagai imbas dari mewabahnya virus corona membuat pemerintah mengimbau masyarakat melakukan social distancing sehingga dikhawatirkan terjadinya panic buying.

"Jadi kami berupaya berpatroli untuk mencegah terjadinya panic buying," ujar Eko.

Dia mengatakan, patroli ini bertujuan untuk mengecek persediaan kebutuhan pokok masyarakat. "Kami mengimbau pengunjung minimarket untuk tetap tenang dan tidak melakukan panic buying," kata Eko.

Baca Juga

error: Content is protected !!