Sekilas Info

ANTISIPASI VIRUS CORONA

Maluku Resmi Naik Status jadi Darurat Bencana Corona, Satu Positif Covid-19 di Ambon

Foto: satumalukuID/Ian Toisutta Sekda Maluku Kasrul Selang (tengah) memberikan keterangan pers di Sekretariat Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19, Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Minggu (22/3/2020).

satumalukuID- Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Maluku, resmi mengumumkan Provinsi Maluku naik status ke Kejadian Luar Biasa (KLB). Ini setelah dua hasil spesimen yang diterima dari Balibangkes Kementerian Kesehatan di Jakarta menetapkan salah satunya positif Covid-19.

Meski merahasiakan identitas pasien Covid-19 yang kini sedang dirawat di RSUD dr. M. Haulussy Kota Ambon, namun info yang beredar serta yang diterima satumalukuID menyebutkan, pria itu berasal dari Bekasi, Jawa Barat

"Jangan lagi sebut dari Bekasi. Intinya satu positif. Dia yang sebelumnya PDP lalu turun jadi ODP," kata Sekretaris Daerah Maluku Kasrul Selang, kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Minggu (22/3/2020).

Berdasarkan data yang diterima dari 11 Kabupaten/Kota hingga pukul 12.00 WIT hari ini, Kasrul menyebutkan di Maluku 1 PDP dan 53 ODP.

"Satu positif. Jadi kalau kemarin status kita siap siaga, kini dari sisi kesehatan kita KLB. Kalau dari sisi bencana kita sekarang sudah darurat bencana corona," tandasnya.

53 ODP di Maluku ini terdiri dari Kota Ambon 6, Tual 2, Kabupaten Seram Bagian Barat 3, Buru 10, Kepulauan Tanimbar 26 dan Kepulauan Aru 6 ODP.

"Kalau PDP 1 orang di Ambon. Dan terkonfirmasi (positif) 1 orang di Ambon. Yang lain tidak ada," kata Kasrul.

Setelah memastikan satu positif tertular Corona Virus, Ketua Gugus Tugas Covid-19 di Maluku ini, mengaku jika saat ini pihaknya sudah mulai melakukan beberapa langkah. Diantaranya tracking atau pelacakan terhadap perjalanan pasien sejak datang ke Kota Ambon mengikuti kegiatan hingga tempatnya menginapnya.

"Langkah-langkah yang diambil yakni tracking atau pelacakan, siapkan lokasi tempat isolasi, dan perketat pintu masuk," jelasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!