Sekilas Info

VIRUS CORONA

Pemda Maluku Upayakan BTKL dan Pengendalian Penyakit di Ambon Bisa Uji Spesimen PDP Corona

Foto: satumalukuID/Ian Toisutta Kepala Dinas Kesehatan Maluku, dr. Meykal Pontoh

satumalukuID- Hingga kini hasil spesimen milik Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Bekasi, Jawa Timur, yang diduga terpapar Corona Virus Diases 2019 (Covid-19) di Kota Ambon, belum diterima Pemerintah Daerah Maluku. Inilah kendala yang dihadapi tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Provinsi Maluku.

Lamanya proses pemeriksaan spesimen PDP Covid-19 di Balitbangkes Kementerian Kesehatan, Surabaya, Jawa Timur itu, membuat Pemda Maluku saat ini sedang berupaya agar Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) dan Pengendalian Penyakit (PP) di Ambon bisa melakukan pemeriksaan sendiri terhadap spesimen PDP.

Untuk diketahui, pengiriman spesimen warga Bekasi yang diduga terpapar Covid-19 di Kota Ambon dilakukan sejak 15 Maret 2020 lalu. Namun sampai dengan hari ini hasil uji laboratorium untuk mengetahui hasilnya positif atau negatif belum juga diketahui.

“Ini karena memang antriannya banyak. Ada ribuan spesimen yang antri. Makanya sedang diupayakan jika mungkin Balai TKL di sini bisa melakukan pemeriksaan,” harap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, dr. Meykal Pontoh kepada wartawan, di kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Jumat (20/3/2020).

Meykal mengaku, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Kasrul Selang, yang juga sebagai ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Maluku sudah meminta dirinya untuk berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan.

“Mudahan-mudahan dalam waktu dekat ini ada pemikiran untuk memanfaatkan BTKL di Ambon,” ujarnya sembari mengaku jika ketersediaan peralatan pemeriksaan spesimen dan sumber daya manusia (SDM) sudah siap.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!