Sekilas Info

KASUS NARKOBA

Enam Pengedar Narkotika Dibekuk Polresta Ambon, 14,63 gram Sabu-sabu Diamankan

Foto: satumalukuID/Ian Toisutta Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Kombes Pol. Leo Surya Nugraha Simatupang (kiri) dan Kasat Narkoba AKP Jufry (kanan), tampak sedang mengekspose pengungkapan kasus narkotika, di Ambon, Jumat (20/3/2020).

satumalukuID- Enam orang pengedar narkotika di Kota Ambon, dibekuk aparat Satresnarkoba Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. Dari tangan mereka diamankan sebanyak 14,63 gram narkotika jenis sabu-sabu.

Enam pengedar itu adalah IK, DW, YP, HM, AS dan FY. Mereka ditangkap di tempat dan waktu berbeda di Kota Ambon, sebulan terakhir, atau hingga 9 Maret 2020 lalu.

"Yang kita tangkap ini bukan pengguna tapi pengedar narkotika. Semuanya (barang bukti Narkotika) sabu-sabu," kata Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Kombes Pol. Leo Surya Nugraha Simatupang kepada wartawan di Kota Ambon, Jumat (20/3/2020).

Dari enam pengedar yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka, penyidik membagikan mereka dalam 5 Laporan Polisi (LP).

"Untuk berkas perkara milik tersangka IK dan DW dijadikan satu," ungkapnya.

Mantan Kapolres Pulau Buru ini menghimbau kepada masyarakat agar dapat bekerjasama dengan aparat kepolisian. Warga diminta untuk menjadi mata dan telinga para pelaku kejahatan.

"Masyarakat jika ada yang mendengar dan melihat pengguna atau pengedar segera lapor kepada kami. Kami akan tindak tegas sesuai aturan yang berlaku," pintanya.

Selain enam tersangka yang kini telah mendekam di dalam rumah tahanan Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, para pelaku lainnya masih terus dikembangkan.

"Umumnya barang yang didapat ini berasal dari luar daerah Maluku. Kita masih kembangkan terus," jelasnya.

Menurutnya enam pengedar itu disangkakan menggunakan Pasal 112 dan Pasal 114 Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

"Mereka terancam hukuman dari 5 sampai dengan 20 tahun penjara," tandasnya.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, AKP. Jufry mengatakan, penangkapan terakhir dilakukan pihaknya terhadap IK dan DW. Mereka diamankan di kawasan Galunggung, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Senin (9/3/2020).

"Selama tahun 2020, kami sudah mengungkap sebanyak 19 kasus narkotika dengan jumlah tersangka 24 orang. Para tersangka juga positif sebagai pengguna," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!