Sekilas Info

DUGAAN KORUPSI

Terima Audit Kerugian Negara Kasus Speedboat MBD, Penyidik Polda Maluku Enggan Sampaikan Hasil

Foto: satumalukuID/Ian Toisutta Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol M. Roem Ohoirat, Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Kompol Ardi.

satumalukuID - Meski telah menerima hasil audit kerugian negara kasus dugaan korupsi pengadaan empat buah speedboat pada Dinas Perhubungan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), namun penyidik Tipikor Ditreskrimsus Polda Maluku enggan menyampaikan hasilnya seperti apa.

"Keterangan ahli sudah kita pegang. Tapi kita tidak bisa sampaikan isinya," ungkap Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Maluku, Kompol Ardi, kepada wartawan, Rabu (18/3/2020).

Menurutnya, hasil audit kerugian negara telah dikantongi sejak minggu lalu. Pihaknya, juga masih terus mendalami kasus itu.

Untuk menentukan siapa tersangka di balik kasus itu, masih membutuhkan pembuktian unsur pasal lainnya. Seperti perbuatan melawan hukum, menguntungkan diri sendiri dan merugikan orang lain.

"Untuk tersangkanya kita masih butuh buktikan unsur pasal lain lagi," pungkasnya.

Untuk diketahui, kasus ini terungkap ke publik setelah BPK melakukan audit terhadap pembelian empat unit speedboat. Pembelian itu dialokasikan dari APBD Kabupaten MBD tahun 2015 sebesar Rp 1 miliar lebih.

Kasus ini terkuak setelah diduga terjadi manipulasi anggaran. Sebab, empat buah speedboat itu belum juga dikirim ke Tiakur ibukota MBD sesuai waktu yang ditentukan.

Padahal, dana pembuatan empat buah speedboat bernilai miliaran rupiah telah dicairkan 100 persen sejak pertengahan tahun 2016 lalu.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!