Sekilas Info

KAPAL TENGGELAM

13 ABK KM. Sanjaya yang Tenggelam di Laut Aru Ditemukan Selamat, Satu Masih Misterius

Foto: satumalukuID/Humas Basarnas Ambon

satumalukuID- 13 Anak Buah Kapal (ABK) KM. Sanjaya 33 yang tenggelam dihantam gelombang di perairan laut Aru Selatan, Kabupaten Kepulauan Aru, berhasil ditemukan. Mereka selamat setelah berhasil bertahan hidup di lautan selama 3 hari. Tersisa satu ABK yang hingga malam ini masih hilang.

KM. Sanjaya tenggelam karena dihantam gelombang dan angin kencang. Bangkai kapal penangkap cumi ini ditemukan tenggelam di perairan Desa Kabalukin, Aru Selatan, atau jarak 7 NM dari pulau Terangan.

Kepala Basarnas Ambon, Muslimin, mengatakan, penemuan 13 ABK di tempat dan waktu berbeda oleh tim SAR gabungan tersebut berawal pada pukul 06.00 WIT, Selasa (17/3/2020).

"Awalnya kami menemukan Supratikno yang adalah koki di kapal pukul 06.00 WIT," kata Muslimin kepada satumalukuID.

Juru masak di kapal naas itu ditemukan di perairan Desa Rebi kurang lebih 500 meter dari pesisir pantai. Dia kemudian dievakuasi ke Puskesmas Desa Ngaibor.

6 jam berlalu, tambah Muslimin, yang saat ini berada di Dobo, Ibukota Kabupaten Kepulauan Aru untuk memantau langsung proses pencarian belasan ABK itu, kembali menemukan 12 orang lainnya.

"Dan selanjutnya semua korban yang 13 orang nantinya akan di evakuasi ke Dobo. Mereka sementara masih di Puskesmas Desa Ngaibor," kata dia.

Dari 13 orang ABK kapal berkapasitas 27 GT milik PT. Sentral Benoa Utama ini, hanya satu orang saja yang belum diketahui nasibnya. Adalah Ari Wibowo.

"Jadi ABK ada 15 orang. Tapi yang berangkat hanya 14 orang. 1 orang sakit dan turun di Dobo," kata Muslimin sebagaimana keterangan Nahkoda kapal Syeh Moh Basor.

Menurutnya, dalam proses pencarian hari ini, pihaknya mengerahkan seluruh kekuatan. Terdiri dari unsur SAR Perikanan, TNI AL, Polres, Brimob, PSDKP, KPLP/UPP Aru, Koramil dan Babinsa Aru selatan, serta masyarakat sekitar dan pengurus KM Sanjaya 33 maupun ABK KN. KALAWAI KN.P 117.

Proses pencarian melibatkan 8 Alutsista. Diantaranya KN. Kalawai KN.P 117 milik KPLP Dobo, KRI ARUN-903, Speed Lanal Aru, Long Boat Masyarakat, KM. Penambulai, KM. Karaweira, KM. Banawa dan KN. 04 UPP Dobo.

"Jadi dari hasil operasi hari ke 3 sebanyak 13 orang ABK berhasil ditemukan dengan kondisi selamat. Sementara 1 ABk masih terus dalam pencarian. Besok baru kita lanjutkan," tandasnya.

Berikut nama ABK KM. Sanjaya 33 yang selamat dan belum ditemukan:

1. SYEH MOH. BASOR (L/ NAHKODA)
2. PURNAMA (L/ KKM)
3. ARI WIBOWO* (L/ KELASI/Dalam Pencarian).
4. SUHADI (L/ KELASI)
5. ALFARIBI (L/ KELASI)
6. ANTOK IRAWAN (L/ KELASI)
7. ASDANI (L/ KELASI)
8. IWAN ARDIANTORO (L/ KELASI)
9. M.SABIRIN (L/KELASI)
10. NINBROT FUKA (L/ KELASI)
11. SUPRATIKNO (L/ KELASI)
12. RIAN LARA PARAMBA  (L/ KELASI)
13. DANIYANTO DK (L/ KELASI)
14. AGUS RANGA MOLE (L/ KELASI/Tidak Ikut Berlayar karena Sakit)
15. M. JONI (L/ KELASI)

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!